Polemik Pidato Anies, Mendagri: Biar Masyarakat yang Nilai

Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasir

VIVA – Polemik pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebut istilah 'pribumi' menjadi sorotan. Banyak yang menyayangkan penggunaan istilah itu.

Australia Akan Sahkan UU yang Mengatur Suku Pribumi Aborigin

Namun Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menolak mengomentari polemik pidato itu. Menurutnya, biarkan saja masyarakat menilai terlebih dahulu.

"Saya enggak komentar dulu, biarkan masyarakat yang menilainya," kata Tjahjo di Badan Pengembangan Sumber Daya Kemendagri, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu 18 Oktober 2017.

Man of the Hole: Orang Terakhir Suku Asli Brasil DItemukan Tewas

Mengenai penyebutan istilah 'pribumi' yang sudah diatur dalam Inpres nomor 26 tahun 1998, dia belum menentukan langkah apa yang akan diambil dalam polemik ini. Tjahjo menuturkan, masih terus mengkaji dan melihat terlebih dahulu isi teks pidato Anies.

"Kita ingin melihat secara jernih dulu. Bagaimana isi rekamannya, teksnya bagaimana dulu. Pelan-pelan dulu," katanya.

Orang Terakhir dari Suku Lubang Meninggal di Sungai Amazon Brasil

Seperti diketahui, istilah penggunaan pribumi ramai disoroti setelah Anies dalam pidato pertamanya sebagai Gubernur DKI, usai dilantik Presiden Joko Widodo. Dalam pidatonya, Anies menekankan kesejahteraan warga di tengah penguasaan asing di negara sendiri.

"Dulu, kita semua pribumi ditindas dan dikalahkan. Kini telah merdeka, kini saatnya menjadi tuan rumah di negeri sendiri," ujar Anies di Balai Kota, Senin 16 Oktober 2017.
 

Bentrok aparat vs warga di Pulau Rempang

Pemerintah Dinilai Wajib Selamatkan Rakyat Pulau Rempang dari Aksi Sewenang-wenang

Peristiwa kericuhan di Pulau Rempang diduga sudah terindikasi sejak lama, hanya saja pemerintah diduga tidak tegas berpihak kepada kepentingan rakyat yang sesungguhnya

img_title
VIVA.co.id
13 September 2023