Makna 'Ndeso' bagi Gubernur Djarot

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat di Monas saat libur Lebaran
Sumber :
  • VIVA.co.id / Syaefullah

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, angkat bicara soal kasus dugaan ujaran kebencian yang menyeret putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. 

Hari Kedua Lebaran, Prabowo Sarapan Bareng Jokowi di Istana Negara

Menurut Djarot, kata 'ndeso' yang dituding sebagai ujaran kebencian, hanya sebuah guyonan sehingga hal itu tidak perlu dianggap serius apalagi berujung pelaporan. 

"Kan lucu ya, kata ndeso kalau di kami itu kan guyonan ya, gurauan saja lah sebetulnya. Kalau kami ya, orang desa, orang desa dianggap ndeso ya ora opo-opo, gitu aja kok. Kok terlalu jauh toh," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta, Jumat, 7 Juli 2017. 

Gerindra Jaring Nama-nama Maju Pilkada DIY: Erina Gudono, Kaesang Pangarep hingga Cucu Sultan HB X

Menurut dia, kasus itu hanya persoalan kecil dan tidak perlu dibesar-besarkan. "Kasihan polisi dong, kecil-kecil diurusin, akhirnya yang besar enggak diurusin ya. Yang seperti itu ngapain toh? Apalagi persoalan kecil seperti itu ya," ujar Djarot.

Sebelumnya, Kaesang dilaporkan seseorang bernama Muhammad Hidayat, warga Bekasi, ke Kepolisian Resor Bekasi Kota pada Minggu, 2 Juli 2017. Dalam laporan itu, Kaesang dinilai telah mengunggah video berkonten penodaan agama dan ujaran kebencian atau hate speech. Laporan tersebut diterima petugas kepolisian dengan laporan bernomor LP/1049/K/VI/2017/Restro Bekasi Kota. 

Terkait Dugaan Pelecehan Seksual, Polisi Panggil Mantan Ketua DPD PSI Jakbar

Namun, kepolisian tidak bisa melanjutkan proses hukum terhadap laporan itu karena tidak ditemukan unsur pidana penodaan agama serta menyebarkan ujaran kebencian dalam rekaman video itu. "Tidak ada unsur (pelanggaran). Tidak ada proses," kata Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin, Kamis, 6 Juli 2017.

Prabowo Subianto

Hari Kedua Lebaran, Prabowo Ucapkan Maaf Lahir Batin ke Rekan-rekan Media

Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto sempat mengucapkan mohon maaf lahir batin kepada rekan-rekan Media

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024