Amankan Obama di Jakarta, Polri dan TNI Diturunkan

Barack Obama saat mengunjungi candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Sumber :
  • Instagram @candiborobudur

VIVA.co.id – Polda Metro Jaya melakukan giat apel pengamanan dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Amerika Serikat ke 44, Barrack Obama yang rencananya akan ke Jakarta pada Jumat 30 Juni hingga Minggu 2 Juli 2017.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Apel ini dilaksanakan di lapangan Ditlantas Mapolda Metro Jaya dan dipimpin oleh Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suntana selaku inspektur upacara. Suntana membacakan amanat Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan yang tak dapat hadir.

"Tanggal 30 Juni hingga 2 Juli kita akan kedatangan Obama dengan Agenda makan dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor dan memberi pidato di acara Diaspora," kata Suntana, Kamis 29 Juni 2017.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Ia pun menyampaikan, dalam pengamanan ini pihaknya bersama TNI sudah menyiapkan 932 personel yang dikerahkan dalam pengamanan ini. "Sebanyak 932 personel ini adalah jumlah gabungan dari anggota TNI dan Polri," kata Suntana.

Suntana juga mengatakan, kedatangan Obama ke Jakarta selain untuk berlibur adalah untuk menghadiri makan siang bersama presiden Joko Widodo di Istana Bogor dan menyampaikan pidato dalam Kongres Diaspora ke IV di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. 

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

"Dalam kesempatan tersebut, Obama akan berbicara tentang Globalisasi dan Pluralisme. Sehingga dalam sesi pidato tersebut dibatasi hanya 3.500 peserta, yang terdiri dari diaspora dan undangan-undangan," katanya.

Suntana juga meminta anggota kepolisian yang berjaga di kongres tersebut dan mencegah adanya penyusup yang dapat berpotensi menimbulkan kekacauan dalam acara tersebut. "Saya minta anggota untuk mengamankan acara tersebut dan tidak ada penyusup dalam acara tersebut," tuturnya.

Obama sudah tiba di Indonesia sejak 23 Juni lalu. Ia berlibur selama lima hari di Pulau Dewata, Bali dan setelahnya menghabiskan waktu di Yogyakarta kemudian baru terbang ke Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya