Libur Lebaran, Pemakaman Mulai Sepi Ditinggal Peziarah

Suasana Tempat Pemakaman Umum di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA.co.id – Ziarah ke makam keluarga atau kerabat menjadi agenda rutini yang biasa dilakukan sebelum Ramadan dan saat Idul Fitri. Meski demikian, di H+3 Lebaran tahun ini, tempat pemakaman umum di Jakarta sudah terlihat sepi.

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

Nikmat, salah seorang pekerja harian lepas (PHL) tempat pemakaman umum (TPU) Pondok Kelapa, Jakarta Timur, mengungkapkan pada H+3 Lebaran sudah tidak banyak warga yang berziarah. "Hari ini sudah agak sepi. Kemarin dan pas hari raya Lebaran ramai banget, parkir sampai enggak muat," kata pria yang sudah 20 tahun menjadi pengurus makam tersebut kepada VIVA.co.id

Nikmat mengatakan, biasanya peziarah akan kembali ramai di akhir pekan sebelum hari masuk kerja dimulai. "Orang masih pada di kampung kan, mungkin akhir pekan ini baru pada datang. Tapi yang jelas hari ini enggak sepenuh kemarin dan pas hari raya," ujar dia.

Diperkirakan Ada 71 Ribu Pendatang Baru di Jakarta

Berdasarkan pantauan, tidak hanya di TPU Pondok Kelapa, di TPU Menteng Pulo juga tidak banyak dikunjungi oleh warga. Rosyadi salah seorang peziarah di TPU Menteng Pulo, Jakarta Selatan mengatakan, dirinya memang memilih waktu pada Lebaran ketiga untuk mengunjungi makam orangtuanya.

"Ini mau ke makam orangtua. Memang sengaja pilih hari ini karena biasanya hari Lebaran dan hari kedua ramai, terus memang baru dapat liburnya hari ini, jadi sengaja datang. Setiap tahun kalau Lebaran pasti ke sini untuk nengokin," kata Rosyadi. (ren)

Kecelakaan Mudik Berkurang Banyak, Operasi Ramadniya Sukses
Ilustrasi

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Sucikan hati sebelumnya bulan Ramadhan.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2018