Menhub Kaget Tol Cikarang Utama Macet saat Lebaran

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Kemacetan lalu lintas menuju ke berbagai daerah di luar Jakarta masih terjadi satu hari setelah lebaran. Kemacetan terpantau sempat terjadi di ruas tol Jakarta-Cikampek pada Senin siang, khususnya di Gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Melihat kondisi demikian, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, kaget dan tidak menyangka masih banyak warga yang memilih pulang ke kampung halaman satu hari usai Idul Fitri.

"Kami memang agak sedikit surprise, ada suatu kemacetan lalu lintas setelah hari raya," ujar Budi di Jakarta, Senin 26 Juni 2017.

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

Kemacetan H+1 Idul Fitri, kata Budi, lantaran banyaknya pemudik yang memilih pulang ke kampung halaman usai merayakan lebaran di Jakarta. Pemudik tampak enggan memilih waktu sebelum lebaran, yang menjadi puncak arus mudik lebaran tahun ini.

"Dugaaan kami karena liburnya panjang, dari hari Jumat ke Jumat berikutnya, satu minggu. Jadi setelah lebaran, pemudik masih punya satu minggu, mereka memilih untuk tidak mudik pada H-3, H-2, atau H-1, tapi sekarang ini," kata dia.

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

Untuk mengurai kepadatan lalu lintas, kata Budi, ia akan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk bisa dilakukan contra flow di sekitar titik kepadatan.

"Kalau menurut laporan, akan dilakukan contra flow dari Jakarta. Diharapkan itu akan menyerap arus lalu lintas dari Jakarta menuju luar Jakarta," ujar Budi.

Sebelumnya diinformasikan, pada Senin siang kepadatan lalu lintas masih tampak sejumlah ruas tol yang mengarah ke Cikampek. Di antaranya Kilometer 5, Kilometer 7, Kilometer 9, dan Kilometer 19. Arus tersendat itu akibat antrean panjang di Gerbang Tol Cikarang Utama. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya