Jemaah Masjid ini Tetapkan 1 Syawal Senin 26 Juni 2017

Edaran Masjid Jami' Al Marzuqiyah bahwa 1 Syawal 1438 H jatuh 26 Juni 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Jemaah Masjid Jami' Al Marzuqiyah, Cipinang Muara, Jakarta Timur menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1438 H jatuh pada Senin, 26 Juni 2017. Pengurus masjid tersebut telah menyebarkan surat edaran terkait hal tersebut.

Tarekat Naqsabandiyah Sumut Lebaran Kamis, Besok Takbiran

"Badan Hukmiyyah Syar'iyyah Masjid Jami Al Marzuqiyah memutuskan bahwa pelaksanaan salat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H di Masjid Jami' Al Marzuqiyah akan dilaksanakan pada  Senin, 26 Juni 2017 jam 07.00 pagi," demikian kutipan surat yang diterima VIVA.co.id, Sabtu, 24 Juni 2017 sore.

Ada dua acuan yang digunakan pengurus masjid untuk menetapkan hal tersebut. Pertama adalah hadits Nabi Muhammad SAW yang berbunyi "berpuasalah kamu karena melihat hilal dan berbukalah kamu dengan melihat hilal". 

Menteri Agama Sebut Idul Fitri pada 2 Mei Ditentukan secara Mufakat

Selain itu, pedoman lainnya yakni dari kitab Tamyizul Haq karya Habib Ustman bin Abdullah bin Aqil bin Yahya Al 'Alawy dan kitab Fadhlul Rohman karya Guru Marzuqi bin Mirshod yang menyebutkan, hilal akan dapat terlihat dengan batas minimal ketinggian 7 derajat.

"Dari hasil perhitungan hisab yang dilakukan, ketinggian bulan pada akhir Ramadan 1438 H, adalah 4 derajat. Dengan ketinggian tersebut, maka bulan mustahil rukyah dimana tidak mencapai 7 derajat seperti kitab Tamyizul Haq, maka bulan Ramadan diistikmalkan menjadi 30 hari," tulis surat edaran itu. (ren)
 

Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1443 H pada 2 Mei
Pemantauan Hilal

Kerajaan Arab Saudi dan Beberapa Negara Timur Tengah Rayakan Idul Fitri Jumat 21 April

Menyusul penampakan bulan sabit, Departemen Bulan Sabit di Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi mengumumkan bahwa Idul Fitri akan jatuh pada Jumat, 01 Syawal 1444 Hijriah.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2023