Tertipu Tiket Palsu, 12 Penumpang Kereta Gagal Mudik

Tiket palsu mudik Lebaran
Sumber :
  • VIVA.co.id / Syaefullah

VIVA.co.id – Petugas PT Kereta Api d Stasiun Senen, Jakarta Pusat, menemukan 12 penumpang yang menggunakan tiket palsu kereta api Kutojaya Utara jurusan Pasar Senen-Kutoarjo pada Jumat, 23 Juni 2017.

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Jarak Jauh, Begini Cara Dapatnya

Menurut Senior Manager Humas PT Kereta Api Daop 1 Jakarta Suprapto kejadian itu berawal ketika 12 orang melakukan boarding tiket keberangkatan pukul 05.25 WIB namun tiket kereta api tersebut tidak dapat terdeteksi oleh mesin scanner.

"Kemudian petugas boarding melaporkan ke loket bagasi untuk dicek ternyata data tersebut tidak ada karena kode booking-nya ada delapan digit," kata Suprapto di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Selatan, Sabtu, 24 Juni 2017.

Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2024 Sudah Bisa Dibeli, Catat Tanggalnya

Suprapto menuturkan, tiket palsu dapat diketahui dengan adanya perbedaan yang tertera dalam tulisan tiket kereta api tersebut. Kemungkinan, tiket itu dicetak sendiri.

"Dari gaya tulisan sangat berbeda dari font tulisan aslinya dan barcode kode booking (berbeda)," ujarnya.

KAI Obral Harga Tiket Kereta Api Mulai Rp 150.000, Catat Rute Tujuannya

Kata Suprato, dari hasil investigasi 12 penumpang yang berprofesi sebagai buruh pabrik itu diketahui mendapatkan tiket itu bukan dari tempat pembelian resmi tiket, melainkan dari rekannya.

"Yang bersangkutan ini penumpang buruh suatu pabrik, dia pesan ke temannya dan temannya dia pesan lagi ke orang tidak dikenal," katanya.

Untuk itu, Suprapto mengimbau kepada semua penumpang agar tidak membeli tiket kereta api sudah dalam bentuk boarding pass.

Tiket kereta api tujuan Senen-Kutoarjo dipalsukan

Atas tiket palsu dan bawah tiket kereta yang asli. VIVA.co.id / Syaefullah

"Untuk memastikan keaslian boarding pass yang sudah diterima dengan cara melihat adanya kode pengamanan pada kertas berupa pola tulisan kereta api Indonesia," ujarnya.

Kemudian, disarankan bagi para calon penumpang untuk mencetak boarding pass sendiri di kounter yang telah di sediakan di stasiun tujuh hari sebelum keberangkatan.

"Jika ada keraguan terhadap boarding pass, segera konfirmasi boarding pass tersebut ke customer service stasiun jauh-jauh hari sebelum keberangkatan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya