Pemudik Padat, KAI Rekayasa Alur Penumpang di Stasiun Senen

Penumpang kereta memadati Stasiun Pasar Senen.
Sumber :
  • Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Senior Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Suprapto mengatakan, pihaknya akan melakukan rekayasa pengaturan penumpang yang hendak memasuki Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Hal itu dilakukan untuk mengatasi ramainya pemudik pada Jumat, 23 Juni 2017.

Tinjau Stasiun Pasar Senen, Said Aqil Siradj: 90-an Kotor dan Kumuh

"Kami akui memang ada penumpukan di ring 3, sekitar pintu masuk. Di sana kan ada penumpang dan pengantar sehingga kami akan berlakukan rekayasa pengaturan agar tak terjadi penumpukan," kata Suprapto.

Pembagian akan diberlakukan di tiga tempat. Pertama di ring 1, area di sekitar jalur pemberangkatan kereta api. Ring 2 di dalam area Stasiun Senen, dan ring 3 di luar stasiun dekat pintu masuk.

Tes GeNose Dimulai Hari Ini di Stasiun Pasar Senen, Penumpang Antusias

Penumpukan penumpang di ring 3, menurut dia, hanya terjadi di momen tertentu, seperti saat mudik lebaran. Hal itu lantaran area tersebut merupakan tempat umum. "Ring 3 itu kawasan umum. Memang banyak pertanyaan 'banyak lesehan dan sebagainya', itu memang kawasan umum," ujarnya.

Penumpang yang hendak berangkat akan didata dua jam sebelum keberangkatan kereta api. Mereka akan dipanggil dari area di ring 3 menuju ring 2. "Sehingga antisipasinya di ring 2 saat memasuki proses boarding, dua jam sebelum pemberangkatan kereta api," ujarnya.

GeNose Siap Digunakan di Stasiun Tugu dan Pasar Senen Mulai 5 Februari

"Kami sudah pantau. Kami cek dulu dua jam tersebut berapa kereta api yang akan diberangkatkan, barulah kami panggil calon penumpangnya untuk mengklasifikasikan nama-nama kereta apinya sehingga teratur."

Ketika memasuki ring 2, situasi di dalam Stasiun Pasar Senen, menurut Suprapto, sudah nyaman bagi penumpang. Hingga kemudian mereka akan dipanggil kembali menuju ke ring 1 ketika 15 menit sebelum kereta berangkat. (ase)

terminal senen

Geger Pria Sukabumi Jatuh Tergeletak Tewas di Terminal Senen

Polisi mengatakan pria tersebut diduga sakit maka jatuh tergeletak. Setelah itu dia tak bergerak sama sekali. Kejadian di terminal

img_title
VIVA.co.id
14 Juli 2021