Temuan Polisi Saat Operasi Senjata Api dan Bahan Peledak

Senjata api rakitan yang disita polisi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ardian

VIVA.co.id – Wakil Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya, Brigjen Pol Suntana, mengatakan pihak Polda Metro Jaya tengah gencar melakukan operasi sendak, yakni operasi senjata api dan bahan peledak. Hal ini dilakukan terkait dengan maraknya aksi penggunaan senjata api pelaku kejahatan. Ia menuturkan, polisi menjaring cukup banyak senjata dalam operasi tersebut.

Dito Mahendra Dituntut Satu Tahun Bui Kasus Kepemilikan Senpi Ilegal

"Hasil pengungkapan kami sudah cukup banyak. Yang jelas polisi tak berhenti melakukan penyelidikan soal senjata api ilegal," kata Suntana di Polda Metro Jaya, Selasa, 13 Juni 2017.

Kepolisian tidak hanya mencari senjata yang sudah dibuat, tetapi juga senjata rakitan. Suntana mengaku, kepolisian mendapati sejumlah senjata rakitan dalam operasi tersebut. Ia pun tidak memungkiri kalau mereka sudah melakukan penyisiran hingga Cipacing, Lampung, atau Sukabumi, selaku daerah yang sering memproduksi senjata api rakitan.

Kronologi Oknum Polisi Pangkat Aiptu Tembak Debt Collector, Nunggak Cicilan Mobil 2 Tahun

Namun, ia melihat, ada kemungkinan senjata api rakitan dibuat di luar wilayah tersebut dengan menggunakan bahan-bahan senjata angin. Polisi pun sudah berupaya mengantisipasi kemungkinan tersebut dengan mengawasi peredaran senjata angin.

"Senjata yang ada registrasinya sudah kami lakukan, ada nomor-nomornya. Kan ada oknum tertentu yang bermain itu. Kan pedagang Cipacing saya yakin mereka tak melakukan itu ya. Tapi ada bekas pegawainya atau bekas karyawannya. Polisi terus mengawasi," kata Suntana.

Sosok Aiptu FN, Oknum Polisi yang Tembak Hingga Bacok 2 Debt Colector di Palembang

Sampai saat ini, polisi tidak memungkiri adanya peran residivis dalam proses distribusi senjata rakitan. Akan tetapi, sepengetahuan Suntana, pihak Polda Metro Jaya belum mendapati informasi adanya pabrik senjata api di lingkungan Polda Metro Jaya. Namun, ia tidak memungkiri kemungkinan pembuatan senjata api di lingkungan pinggiran wilayah pengamanan Polda Metro Jaya.

"Kalau di lingkup Polda Metro dalam pengamatan saya ya, tak menemukan itu. Tapi bisa saja karena luasnya wilayah, seperti daerah perbatasan Bekasi, Tangerang, kan itu wilayah yang jauh dari pengamatan. Kadang masyarakat tahu, tapi enggak mau kasih tahu. Saya minta ke masyarakat untuk beritahu kalau ada informasi seperti itu," tuturnya. (ase)

Ilustrasi tahanan diborgol

Bandar Narkoba Diringkus, dari Sepasang Kekasih Pengedar Ganja Hingga yang Bersenjata-api

Berbekal informasi pengintaian petugas komplotan bandar berhasil ditangkap. Para bandar ini ada yang merupakan sepasang kekasih, bahkan termasuk yang memiliki senjata api

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024