Karyawan Mogok Kerja, Layanan Bus TransJakarta Berhenti

Polisi dan Dishub turun tangan atasi bus TransJakarta yang mogok operasi
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id – Kantor PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) hari ini, Senin 12 Juni 2017 digeruduk puluhan karyawannya. Karyawan PT TransJakarta melakukan aksi demonstrasi di kantor pusat Transjakarta yang berlokasi di Jalan Mayjen Sutoyo nomor 1, Cawang, Jakarta Timur. 

VIDEO: Normal Baru DKI, Jalanan Jakarta Padat Lagi

Pantauan VIVA.co.id di lokasi Senin siang, sebagian besar karyawan TransJakarta tersebut mengenakan pakaian kemeja putih dan celana hitam. Mereka juga berorasi di depan kantor TransJakarta.

"Di sini kita menyampaikan aspirasi kita untuk menyampaikan ke dewan direksi kalau kita sudah layak jadi karyawan tetap," teriak sang orator di lokasi

Ternyata Ini Penyebab Jakarta masih Macet saat PSBB

Salah seorang peserta unjuk rasa mengaku sudah masuk tahun keempat bekerja di TransJakarta. Namun sampai saat ini statusnya masih sebagai karyawan kontrak.

"Ya kita ingin jadi karyawan tetap, biar ada kejelasan nasib kami ke depan gimana," kata pria yang enggan disebutkan namanya itu.

Warga Jakarta Bukan Pemilik Mobil dan Motor Terbanyak di Indonesia

Sampai saat ini, belum ada konfirmasi resmi dari pihak direksi PT TransJakarta terkait aksi unjuk rasa ini. Dalam aksi ini, setidaknya ada dua yang disuarakan oleh karyawan.

Pertama yakni massa karyawan meminta Transjakarta menghapus kontrak yang bertahun-tahun. Karyawan juga meminta TransJakarta melakukan pengangkatan karyawan kontrak menjadi karyawan tetap.

Akibat peristiwa ini, layanan bus TransJakarta berhenti. Banyak bus yang berhenti operasi lantaran tidak ada yang sopir yang mau membawa bus. Kondisi ini terjadi di Halte Harmoni, Jakarta Pusat.

Puluhan bus TransJakarta terlihat mengular dan terparkir di jalur bus tersebut. Belum ada kepastian kapan bus itu akan kembali beroperasi. Tak hanya di Harmoni, kondisi serupa juga terjadi di Halte Mampang arah Kuningan, banyak bus yang berenti operasi dan terparkir di jalur.

Bus TransJakarta juga terlihat berhenti operasi dan terparkir i Halte Kebayoran Lama atau Simprug. Polisi dan Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah turun ke lokasi untuk mengurangi kemacetan yang parah ini. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya