Pengacara Bocorkan Sedikit Aktivitas Habib Rizieq di Arab

Rizieq Shihab
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id - Pengacara Rizieq Shihab, Sugito Atmo Pawiro, memperkirakan kliennya belum akan kembali ke Indonesia dalam waktu dekat. Soalnya Imam Besar Front Pembela Islam itu malah berencana tinggal lebih lama di Arab Saudi dengan mengajukan long stay visa atau visa untuk masa tinggal lebih 90 hari.

Jenderal Fachrul Razi Blak-blakan Dipecat sebagai Menag Gara-gara Tolak Pembubaran FPI

Sugito menyebut long stay visa yang dimohonkan Rizieq kepada pemerintah Saudi selama kira-kira setahun. "Sekitar setahun lamanya (permohonan masa long stay visa)," katanya ketika dihubungi VIVA.co.id pada Rabu, 7 Juni 2017.

Dia menolak berspekulasi permohonan visa selama setahun itu menyiratkan Rizieq tak akan pulang ke Tanah Air. "Ada rencana pulang ke Indonesia, tapi bisa aja enggak jadi pulang. Tapi visa long stay-nya sudah terurus," ujarnya.

Eks Jubir FPI Munarman Ucap Ikrar Setia NKRI di Lapas Salemba

Sugito pun “membocorkan” sedikit aktivitas Rizieq selama di Arab Saudi. Di antaranya, berpindah-pindah tempat tinggal di Mekah, Madinah, dan Jeddah. Sesekali menginap di hotel dan kadang di apartemen di kota-kota utama Saudi itu.

Rizieq, katanya, beberapa kali juga menghadiri undangan berceramah sekaligus berbuka puasa bersama dengan alumni King Saud University di Jeddah. Kebetulan Rizieq memiliki sejumlah teman alumnus kampus itu.

Minta Al Zaytun Dibubarkan, Habib Bahar: FPI Aja Bisa Dibubarkan Secepat Kilat

"Bahkan dia di sana seperti sudah ditokohkan karena dianggap sebagai buronan perkara pidana, seperti sekarang di Polda Metro (Jaya), tapi dianggap sebagai buronan politik karena membela agama," ujar Sugito.

Dia menganggap wajar aktivitas berpindah-pindah Rizieq selama di Saudi. Lagi pula, dia mengklaim, banyak orang yang sukarela membantu kliennya selama tinggal di sana. "Semua kepingin mengundang Habib," katanya. (ren)

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Daftar Kontroversi Ahok Sejak Jabat Gubernur DKI, dari Kalijodo hingga Surat Al Maidah

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok merupakan salah seorang politisi ternama yang sangat tangkas dalam berbicara. Ia terbiasa bicara secara blak-blakan dan terkesan arogan.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2024