Polisi Bekuk Motivator Pelaku Bom Kampung Melayu

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, di Bandung pada Senin, 30 Januari 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman

VIVA.co.id – Polisi kembali menangkap satu orang yang diduga terlibat dalam aksi bom bunuh diri di Kampung Melayu, Jakarta Timur. Pria berinisial WT (33) ini ditangkap petugas, Rabu pagi, 7 Juni 2017.

2 Tersangka Ledakan di Sibolga Ternyata Simpan 60 Botol Bom Ikan

"Hari ini baru saja kami tangkap lagi terduga teroris, sekitar jam 08.00 tadi pagi," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus saat ditemui di Pos Polisi Purwakarta, Jawa Barat.

Penangkapan dilakukan di daerah Soreang, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat. Pria yang bertempat tinggal di Cibiru, Kota Bandung itu berperan sebagai motivator. "Lima hari sebelum peledakan, yang bersangkutan memberikan motivasi kepada dua pelaku bom Kampung Melayu. Dia kasih tausiah," ujar Yusri.

Polri Ungkap Kronologi Ledakan Tangkahan Ikan di Sibolga

Menurut Yusri, WT juga merupakan salah satu pimpinan di Yayasan Asunah. Yayasan Asunah merupakan tempat pelaku pengeboman Kampung Melayu mengaji. "Jadi di Asunah itu ada dua yang jadi pemimpin. Pertama MI, yang kemarin kami tangkap. Terus satu lagi WT ini," ujarnya.

Saat ini, polisi masih akan melakukan pemeriksaan mendalam kepada WT. Polisi juga berencana melakukan penggeledahan ke tempat tinggal WT di Bandung Raya.

Ledakan di Rumah Ortu Veronica Koman, Polisi: Bukan Bom, Hanya Mercon

"Sekarang yang bersangkutan dibawa ke Polda Jabar, rencananya akan dibawa ke Jakarta. Tapi dilakukan pemeriksaan dulu," kata Yusri. (ase)
 

Ilustrasi hukuman mati

Hakim India Hukum Mati 38 Terdakwa Ledakan Bom 2008

38 orang terdakwa tersebut terbukti melakukan serangkaian ledakan di kota Ahmedabad India yang menewaskan 50 orang dan melukai 200 orang lainnya.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2022