Djarot Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku Persekusi

Polisi tangkap pelaku persekusi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat angkat bicara terkait tindakan main hakim sendiri atau persekusi oleh organisasi massa tertentu. Dia meminta aparat kepolisian bertindak tegas menindak pelaku persekusi. 

PDIP Kini Bela Bacaleg yang Dituduh Setubuhi Anak Kandung di Lombok Barat

"Polisi yang harus ada di garda depan. Karena informasi yang saya terima ormasnya tetap itu saja, ya. Sekarang masalahnya kepolisian atau negara berani enggak?" kata Djarot di Balai Kota, Jakarta, Senin 5 Juni 2017. 

Jika polisi tidak bertindak tegas, dikhawatirkan masyarakat akan membentuk satu lembaga dan wadah sendiri sebagai tempat untuk melaporkan korban persekusi. Kemudian, lembaga itu balik main hakim sendiri terhadap pelaku persekusi. Hal ini justru akan menimbulkan konflik horizontal. 

Lima Tersangka Persekusi Pemandu Karaoke Ditangkap, Pria yang Menelanjangi Masih Buron

"Sudah ada ini kelompok yang menjadi tempat untuk pengaduan. Pengaduannya bukan ke situ, pengaduannya tetap di kepolisian, bukan di kelompok-kelompok masyarakat, ini berbahaya," kata dia. Oleh karena itu, menurut Djarot, kepolisian harus tegas terhadap siapa pun pelaku persekusi. 

"Supaya tidak terjadi bentrok horizontal, dan negara tidak boleh kalah dengan tekanan-tekanan seperti itu. Kita itu negara hukum ya," ujarnya.

Polisi Tangkap 3 Tersangka Kasus Persekusi LC di Pesisir Selatan
Ilustrasi sidang

Warga Permata Buana Korban Persekusi Akui Dapat Permufakatan Diskriminasi

Sidang lanjutan kasus persekusi pengurus RT/RW Permata Buana kembali dilanjutkan, tiga orang saksi akhirnya memberikan keterangan, dua diantaranya pasangan suami-istri.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2023