Eks Jemaah Islamiyah: Bom di Kampung Melayu Low Explosive

Polisi berjaga di lokasi kejadian ledakan bom di Kampung Melayu, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Berdasarkan hasil olah TKP, bom yang meledak di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, pihak kepolisian memastikan bahwa itu merupakan bom panci. Hal tersebut dipastikan berdasarkan material yang ditemukan di lokasi.

LBH Masyarakat Kritik Tuntutan Hukuman Mati Abdurrahman

Dalam acara Apa Kabar Indonesia Pagi di tvOne, Kamis 25 Mei 2017, Nasir Abbas, mantan anggota Jemaah Islamiyah, angkat bicara soal bom bunuh diri yang menewaskan lima orang tersebut. Ia menganalisa bom yang digunakan pelaku. Menurutnya, itu bukan bom panci biasa. Bom tersebut menggunakan wadah yang cukup bagus.

"Bom itu meledak dengan baik, dengan sempurna. Kita melihat beberapa kejadian, bom ditemukan kepolisian tidak sempurna, seperti batal meledak atau terlalu cepat meledak. Bom ini sempurna," katanya menjelaskan. 

Rangkuman Peristiwa Tahun 2017 Dalam 4 Menit

Bahkan, ledakan ini juga tidak menyisakan sisa bahan peledak.  "Dengan asap putih itu low explosive. Tapi jangan mengira tidak bisa merusak," ujarnya. 

Sementara itu, polisi masih melakukan autopsi terhadap dua jasad yang diduga pelaku bom di Terminal Kampung Melayu. Mereka berharap segera mengungkap identitas pelaku. (ren)

Catatan Terorisme Sepanjang 2017


 

Sidang vonis Aman Abdurrahman

Pengadilan Perintahkan Negara Ganti Rugi Korban Bom Thamrin

Hakim putuskan biaya ganti rugi kepada korban kasus terorisme

img_title
VIVA.co.id
22 Juni 2018