TUTUP
TUTUP
METRO

Soal Kriminalisai Ulama, Massa Akan Turun ke Jalan Siang Ini

Mereka mendukung Komnas HAM menyelidiki dugaan kriminalisasi ulama.
Soal Kriminalisai Ulama, Massa Akan Turun ke Jalan Siang Ini
Ilustrasi aksi damai umat Islam di Jakarta (REUTERS/Darren Whiteside)

VIVA.co.id – Ketua Presidium Alumni 212 Ustaz Ansufri Idrus Sambo memastikan, akan menggelar aksi longmarch dari Masjid Sunda Kelapa menuju Komnas HAM, Jumat, 19 Mei 2017. Aksi longmarch tersebut sebagai wujud dukungan kepada Komnas HAM yang tengah melakukan investigasi soal dugaan kriminalisasi ulama

Ia mengklaim ada ribuan orang yang akan terjun dalam aksi longmarch usai salat Jumat tersebut. "Insya Allah (jadi). Kami berharap ada sekitar 5.000 saja," kata Idrus saat dikonfirmasi, hari ini. 

Beberapa tokoh agama dan tokoh nasional diperkirakan ikut hadir untuk memberikan dukungan kepada Komnas HAM. "Selain tokoh-tokoh presidium Alumni 212 juga tokoh-tokoh HTI dan juga ormas-ormas lain yang kami undang," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah tokoh dari Presidium Alumni 212 melakukan audiensi dengan Komnas HAM di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Mei 2017. Pertemuan tersebut digelar untuk mendesak Komnas HAM agar segera menindaklanjuti sejumlah dugaan pelanggaran HAM terhadap para ulama dan aktivis yang aktif menyuarakan keadilan hukum, terkait kasus penistaan agama oleh terdakwa Basuki Tjahaja Purnama.

Komnas HAM akan menindaklanjuti laporan dari Presidium Alumni 212 terkait kasus kriminalisasi terhadap ulama. Awal Mei ini, mereka sudah bergerak membuat tim investigasi. Mereka akan menggali informasi dari beberapa kalangan yang ada kaitannya dengan kasus tersebut. Jika benar terdapat pelanggaran HAM, Komnas akan melakukan tindakan lebih lanjut.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP