Di Mako Brimob, Ahok Tak Satu Sel dengan Al Khaththath

Usai Divonis, Ahok Langsung Ditahan di Rutan Cipinang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Terpidana perkara penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dipindahkan dari rumah tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur ke Rutan Markas Korps Brigade Mobil (Brimob), Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu dini hari.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Rikwanto, mengatakan pemindahan Ahok lantaran banyaknya simpatisan Ahok yang terus berdatangan ke Rutan Cipinang.

Posisi Rutan Cipinang yang berada di pinggir jalan umum telah membuat lalu lintas semakin padat karena dipadati simpatisan Ahok. Apalagi, jalan di depan Rutan Cipinang merupakan akses utama dari dan menuju Cipinang.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

"Kenapa, memang karena simpatisan Ahok yang mengikuti beliau ke Cipinang waktu di perintahkan ke Cipinang, mereka berbondong-bondong. Kebanyakan wanita dan anak-anak. Di depan Cipinang itu jalan umum dan cukup padat," kata Rikwanto? di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu 10 Mei 2017.

"Mereka dari sore sampai malam cukup banyak bawa macem-macem bunga dan lilin," imbuhnya.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

Rikwanto mengatakan, tindakan simpatisan Ahok itu cukup mengganggu aktivitas masyarakat dan membuat lalu lintas menjadi macet.

"Bahkan kita beberapa kali mengajak memperingatkan segera bubar, jam 8-9 malam baru bisa clear baru bisa kembali, kita duga hal ini akan terjadi kembali ya kita pindahkan penahannya ke mako Brimob," ujarnya.

Sementara Rutan Mako Brimob lanjut Rikwanto, posisinya berada cukup jauh di dalam komplek Mako Brimob. Selain itu, penjagaannya juga ketat. "Tentu aksi-aksi enggak terjadi lagi disana ya. Karena (Rutan) tidak bisa dilihat dari dalam dan penjagaannya diperketat," ucapnya.

Rikwanto menambahkan, selama ditahan di Rutan Brimob, Ahok tidak berada satu sel dengan Sekjen Forum Umat Islam, Al Khaththath, yang juga ditahan di Rutan Mako Brimob karena kasus makar. Al Khaththath juga menjadi salah satu pihak di balik aksi-aksi Bela Islam yang menuntut agar Ahok dipenjara karena menistakan agama.

"Ya di rutan Brimob, sendirian, ya semata-mata menghindari simpatisan yang mengganggu aktivitas masyarakat di Cipinang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya