Ribuan Orang Diperkirakan Ramaikan Sidang Ahok Besok

Unjuk Rasa Sidang Tuntutan Ahok
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Polda Metro Jaya telah menerima surat pemberitahuan aksi, dari masa pro maupun kontra terhadap terdakwa dugaan penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Unjuk rasa itu akan digelar di depan lokasi sidang, gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa, 9 Mei 2017.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

"Sudah ada memang pemberitahuan kepada Polda Metro Jaya akan ada datang untuk menyemarakkan katanya dari kedua kubu, bagaimana mengawal sidang," kata Karopenmas Polri Brigadir Jenderal Polisi Rikwanto, saat meninjau persiapan pengamanan sidang di gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Senin, 8 Mei 2017.

Rikwanto mengatakan, pihaknya mempersilakan aksi unjuk rasa. Namun, dia menegaskan, para pengunjuk rasa dilarang terlalu dekat dengan lokasi sidang lantaran bisa mengganggu proses sidang.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

"Silakan, undang-undang tidak melarang. Hanya jangan dekat karena sidang itu tidak boleh terintimidasi atau pun merasa berpengaruh dari hal tersebut," ujarnya.

Berdasarkan pemberitahuan yang telah diterima Polda Metro Jaya itu, kata Rikwanto, ada ribuan peserta aksi yang akan menggelar unjuk rasa. Aparat keamanan akan tetap melakukan antisipasi pengamanan berapa pun massa yang akan berunjuk rasa.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

"Karena besok pembacaan keputusan dari hakim. Apapun keputusannya, yang kami pesankan adalah itu indepensi hakim. Tidak ada kepentingan dari pihak pengamanan dari pihak-pihak lainnya. Hanya kepentingan daripada sidang itu sendiri," ujarnya.
 

Terdakwa kasus penistaan agama M Kace menjalani persidangan pembacaan tuntutan

M Kece Dituntut 10 Tahun Penjara

Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut hukuman 10 tahun penjara untuk terdakwa M Kece terkait kasus penistaan agama.

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2022