Sindir Sandiaga, Ahok: Jokowi Enggak Pernah Lewat Busway

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Sumber :
  • Ichsan/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyindir mobil rombongan milik Sandiaga Uno yang menerobos jalur busway. Ahok selama memimpin DKI, tak pernah menerobos jalur bus TransJakarta meski dalam kondisi macet.

Ayu Thalia Tunjukan Bukti Memar Kaki Diduga Dianiaya Nicholas Sean

"Tidak (pernah terobos). (Saya) Macet ya macet," kata Ahok di Balai Kota, Senin 8 Mei 2017.

Ahok mengatakan, tindakannya itu dilakukan untuk memberikan contoh baik ke masyarakat. Ia menyebut, hanya para pejabat tinggi setingkat menteri hingga Presiden Jokowi yang bisa melalui jalur tersebut. Namun, Jokowi sebagai pemimpin pemerintahan yang seharusnya mendapatkan izin sterilisasi jalan tak pernah menggunakan jalur busway.

Jawaban Tegas Ahok Soal Stop Kartu Kredit Pertamina Limit Rp30 M

"Ya, kita sendiri harus disiplin. Bahkan Pak Jokowi. Kita kasih yang plat RI itu boleh masuk busway. Pak Jokowi pun enggak pernah masuk. Kita ingin semua steril. Kalau busway itu steril, orang akan suka naik bus," ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, selain pejabat negara ada kendaraan lain yang diperbolehkan untuk masuk jalur busway seperti ambulans, pemadam kebakaran. "Saya pun gubernur tidak boleh pakai. Jadi kita tidak berani," ujar dia.

Ahok Mendadak Kunjungi Gibran, Ini yang Dibahas

Seperti diberitakan, usai penetapan hasil KPU DKI Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno sempat melewati jalur Transjakarta menuju Posko Pemenangan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Atas tindakan tersebut, kritikan pun datang dari masyarakat.

Sandiaga juga sudah meminta maaf terkait kejadian itu. Ia berharap kejadian serupa tak terulang lagi. "Tidak boleh (seharusnya terobos). Aku tidak mau. Tolong diingatkan, ya," kata Sandiaga, Jumat 5 Mei 2017. (mus)

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat hadiri Kongres PDIP di Bali.

2 Alasan PDIP Jagokan Ahok Kembali Pimpin Jakarta 2024

PDIP menyiapkan sejumlah kadernya termasuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok maju ke Pilkada DKI 2024.

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2022