Ahok Gusur Kampung Ikan agar Anies Tak Ingkar Janji

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Sumber :
  • Ichsan/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan, penggusuran yang akan dilakukannya terhadap bangunan liar di Kampung Akuarium, Jakarta Utara, tak bisa lagi diundur. 

Pangkal Masalah Kampung Susun Bayam Belum Bisa Dihuni Warga Gusuran JIS

Ia bahkan telah memerintahkan Wali Kota Jakarta Utara Wahyu Haryadi segera menertibkan kawasan tersebut karena telah membangun kembali hunian sementara lantaran sudah pernah dibongkar sebelumnya. 

"Aku sih udah bilang Wali Kota gusur aja," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Selasa 2 Mei 2017. 

2 Alasan PDIP Jagokan Ahok Kembali Pimpin Jakarta 2024

Ahok mengatakan, penertiban itu dalam waktu dekat dapat dilakukan sebelum dia melepas jabatan sebagai orang nomor satu di Ibu Kota. Hal itu sekaligus, memudahkan kepada penerusnya yang berjanji tidak menggusur warga di kawasan tersebut. 

Sebab, pasangan Anies Baswedan - Sandiga Uno yang akan menggantikan Basuki - Djarot dalam memimpin Ibu Kota, sempat berjanji kepada warga Pasar Ikan untuk tidak menggusur rumahnya pada saat kampanye. 

Ayu Thalia Tunjukan Bukti Memar Kaki Diduga Dianiaya Nicholas Sean

"Kasihan sama Pak Anies nanti kalau nggak digusur. Janjinya (kampanye) tidak digusur, tahu-tahu digusur kan enggak enak. Kalau sekarang kan enak, bilang bukan gue (Anies) yang gusur, Ahok yang gusur," kata dia. 

Sebelumnya Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan membongkar bangunan liar yang dibuat di kawasan Pasar Ikan, Jakarta Utara. 

Menurutnya, pemerintah daerah sudah menyiapkan tiga lokasi rumah susun yang nantinya akan ditempati para warga terkena dampak penggusuran. 

"Kalau mereka ternyata memang realnya tidak punya rumah tinggal, betul - betul tidak punya rumah tinggal, tahun ini kan rusun kita banyak jadi. Kalau memang mereka ingin tinggal di rusun, difasilitasi di rusun," ujarnya. (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya