Masih Umrah, Rizieq Belum Dipanggil Lagi Kasus Chat Mesum

Rizieq Shihab
Sumber :
  • Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Penasihat hukum Rizieq Shihab, Sugito Atmo Pawiro mengemukakan, pihaknya belum mendapatkan surat pemanggilan kembali untuk pemeriksaan kliennya, sebagai saksi dalam kasus dugaan percakapan (chat) mesum dengan Firza Husein.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

"Belum dapat panggilan," katanya saat dikonfirmasi, Selasa, 2 Mei 2017. Hingga kini, Rizieq masih berada di Mekah, Arab Saudi untuk melaksanakan umrah. Sugito menduga, polisi tahu bahwa kliennya sedang menunaikan umrah sehingga pemanggilan Rizieq belum dilakukan.

Ia menegaskan, kliennya siap diperiksa sebagai saksi dalam kasus itu. Namun, apabila dipanggil tanggal 2 Mei atau 3 Mei 2017 seperti yang sebelumnya pernah dikatakan polisi, Sugito mengemukakan, kliennya tidak bisa memenuhi panggilan itu.

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Rizieq baru akan kembali ke Tanah Air menjelang bulan puasa 2017. Dia mengaku tidak mendapat informasi kepastian Rizieq pulang dari Mekkah.

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, hingga kini belum ada informasi dari penyidik tentang kapan Rizieq dan beberapa saksi lain dalam kasus dugaan chat mesum Rizieq-Firza akan dipanggil dan diperiksa sebagai saksi.

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

Apalagi, Rizieq kini tengah berada di Mekkah, sehingga belum dapat dipastikan kapan pemanggilan Rizieq sebagai saksi akan dilakukan kembali. 

"Sampai sekarang belum ada konfirmasi dari penyidik. Belum ada kita agendakan, kita tunggu saja. Ya enggak mungkin kan penyidik mau memangil dia ada di luar negeri, kan enggak mungkin. Biar penyidik yang mengagendakan panggilannya bisa dilakukan," kata Argo.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan mengatakan, pemanggilan Rizieq Shihab dan saksi lain dalam kasus chat itu akan dilakukan setelah tanggal 1 Mei 2017. Pihaknya akan terlebih dahulu fokus melakukan pengamanan untuk May Day.

Diperkirakan, Rizieq akan dipanggil kembali pada tanggal 2 atau 3 Mei 2017 mendatang. Apabila tidak kembali memenuhi panggilan, Polda Metro tidak segan untuk menjemput paksa yang bersangkutan. "Kemarin ada alasannya. Kita sekali lagi kalau tidak hadir ya bisa kami jemput paksa," kata Iriawan.

Kasus dugaan chat mesum mencuat setelah tersebar di sebuah situs bernama domain baladacintarizieq. Di situs yang kini sudah tidak bisa diakses itu, terdapat percakapan mesra seorang pria bernama akun WhatsApp Rizieq dengan wanita diduga Firza Husein. Tak hanya percakapan, di dalam situs itu juga dimuat sejumlah foto vulgar wanita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya