May Day, 4 Ribu Buruh Tangerang 'Kepung' Jakarta

Ribuan buruh dari Tangerang bersiap menuju Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Annisa Maulida

VIVA.co.id – Sebanyak 4.180 pekerja dari berbagai aliansi di Kota dan Kabupaten Tangerang telah bergerak menuju Istana Negara dan kawasan Patung Kuda, Jakarta. Ribuan buruh Tangerang itu bakal bergabung bersama buruh lainnya dari berbagai daerah dalam memperingati Hari Buruh atau May Day, Senin 1 Mei 2017.

Hari Buruh di Tengah Pendemi Corona, Ekonomi Meregang Nyawa

Para buruh Tangerang tersebut berangkat menggunakan 3 mobil komando, 80 bus, 10 angkutan umum dan 8 mobil pribadi.

Keberangkatan buruh Tangerang tersebut melalui rute, Jalan Raya Serang Tangerang kemudian berlanjut ke Tol Bitung, Tangerang.

Kado Pahit di Hari Buruh, 12.600 Pekerja Pabrik di Semarang Dirumahkan

Untuk mengawal iring-iringan massa buruh itu, petugas Polres Tangerang Selatan mengatur arus lalu lintas di kawasan pintu masuk Tol Bitung, Tangerang.

Salah seorang peserta aksi, Nurdin mengatakan, nantinya para buruh Tangerang akan bergabung bersama buruh lainnya di Jakarta dan berlanjut melakukan aksi di sejumlah titik kawasan Jakarta yakni, Istana Negara dan Patung Kuda. "Aksi ini sebagai bentuk perjuangan kami," ujarnya.

May Day, Ribuan Buruh Sampaikan Aspirasi di Twitter

Dalam aksi tersebut, para buruh menyuarakan sejumlah tuntutan yakni, hapus sistem kerja kontrak, pemberian upah yang layak, pencabutan Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan dan menolak revisi UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Buruh di Sumsel berbagi sembako pada sesama saat peringatan Mayday.

Peringati Mayday, Buruh di Sumsel Santuni Kawan yang Terkena PHK

Ada 11 perusahaan di Sumatera Selatan yang terdampak corona.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2020