Hindari Kawasan Monas, Ada Demo Buruh

Demo buruh tuntut dicabutnya PP Pengupahan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Raden Prabowo Argo Yuwono mengimbau kepada warga yang akan melakukan aktivitas di hari buruh Internasional (May Day), 1 Mei 2017 diharapkan tidak melewati kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Ini Keluhan dan Permintaan Buruh Salatiga ke Ganjar

"Acara May Day di Jakarta akan dipusatkan di Patung Kuda. Kami memberi sekatan agar massa buruh tidak sampai ke Istana. Jadi warga diminta tidak melewati kawasan Monas dan sekitarnya jika tidak mau terjebak," ujar Argo dalam wawancara di tvOne.

Argo menambahkan, selain di Patung Kuda, massa juga akan mendatangi gedung DPRD DKI dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Personel polisi juga sudah ditempatkan di dua masing-masing lokasi.

French Police Arrest 540 People in May Day Protest

Tak hanya turun ke jalan, kata Argo, banyak juga serikat buruh yang menggelar bakti sosial. "Di Jakarta, di Bekasi dan Tangerang ada juga kegiatan bakti sosial yang diusung serkat buruh. Jadi kami tetap bantu pengamanan saja," ucap dia.

Demo di Daerah

Pemerintah Tangerang Gelar Pertandingan Bola Lawan 35 Serikat Buruh

Tak hanya di Jakarta, demo buruh juga digelar di beberapa kota di Indonesia, di antaranya Makassar. Dari laporan reporter tvOne, perayaan May Day akan dipusatkan di Fly Over Makassar.

Petugas gabungan yang diturunkan untuk mengamankan jalannya aksi sebanyak 2.300 personel. Sejak pagi tadi, aparat sudah melakukan apel.

Dari informasi yang diterima, tuntutan yang akan disampaikan massa buruh kali ini yakni pencabutan peraturan pemerintah tentang pengupahan, penghapusan sistem outsourcing, menolak upah murah, dan menolak tenaga kerja asing ilegal.

Selain itu, di Surabaya, aksi buruh akan dipusatkan di kantor Gubernur Jawa Timur. Sebuah panggung juga terlihat sudah disiapkan untuk menghibur massa aksi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya