TUTUP
TUTUP
METRO

Simak, Ini Pengaturan Lalu Lintas di Hari Buruh

Hari Buruh akan diperingati Senin, 1 Mei 2017.
Simak, Ini Pengaturan Lalu Lintas di Hari Buruh
Ilustrasi-Peringatan Hari Buruh di Jakarta (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id – Kepolisian Daerah Metro Jaya telah menyiapkan rencana rekayasa pengalihan arus lalu lintas untuk mengantisipasi peringatan Hari Buruh sedunia, Senin, 1 Mei 2017.

Dalam siaran persnya, rekayasa pengaturan lalu lintas ini selain guna memudahkan kelancaran juga mengarahkan alur para buruh yang datang dari luar Jakarta.

"Massa dari Bekasi akan diarahkan untuk melewati Jalan Tol arah Cempaka Putih, keluar off ramp Cempaka Putih, Jalan Letjen Suprapto, Pasar Senen, Pejambon dan titik aksi. Untuk massa yang datang dari arah Tangerang atau Banten, akan dilewatkan Tomang, Jalan Raya Biak, Harmoni, Jalan Juanda, Pasar Baru, Lapangan Banteng baru ke titik aksi," ujar Kasubdit Bingakkum Dirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto.

Lalu, untuk massa yang dari arah Bogor atau Sukabumi, diarahkan ke Tegal Parang, Kuningan, Rasuna Said, Menteng, Tugu Tani, Merdeka Timur dan titik aksi.

Terkait lokasi parkir, kepolisian telah menyiapkan sejumlah areal yang bisa dimanfaatkan, yakni di Gelora Bung Karno, Lapangan Banteng, Masjid Istiqlal, IRTI, dan PRJ Kemayoran.

Pengaturan akan dimulai dari kedatangan para buruh. Kedatangan mereka diperkirakan dari wilayah timur seperti Bekasi, Kerawang dan sekitarnya, wilayah selatan Bogor, Sukabumi dan seterusnya, wilayah barat Banten, Tangerang dan sekitarnya.

Berikut titik rekayasa lalu lintas di sekitar tempat aksi:
- Rute Pengalihan Arus di jalan sekitar Istana Negara:
1. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit, dialihkan ke kiri Jalan Juanda
2. Arus lalu lintas yang dari Jalan Lapangan Banteng menuju Jalan Veteran, dialihkan ke kanan ke Jalan Pos
3. Arus lalu lintas dari Jalan Gunung Sahari menuju Jalan Sutoyo, diluruskan ke Jalan Senen Raya
4. Arus lalu lintas dari Jalan Senen Raya menuju Jalan Budi Utomo, diluruskan ke Jalan Gunung Sahari
5. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara, dialihkan menuju ke Jalan Perwira
6. Arus lalu lintas yang datang dari arah Simpang Lima Senen menuju RSPAD, diluruskan ke Jalan Senen Raya - Wahidin
7. Arus lalu lintas yang datang dari Cikini Raya menuju M. Ridwan Rais, dialihkan ke kanan Jalan Kwitang Raya atau arus lalu lintas yang datang dari arah Jalan Kwitang, diputarbalikkan kembali ke Jalan Kwitang Raya. Serta yang dari Jalan Kebon Sirih diluruskan ke Jalan Kwitang Raya
8. Arus lalu lintas yang dari arah Jalan Jenderal Sudirman menuju ke Jalan Medan Merdeka Barat, dialihkan ke Jalan Kebon Sirih atau Tanah Abang
9. Arus lalu lintas yang datang dari arah Abdul Muis diluruskan ke Jalan Harmoni maupun Jalan Fachrudin
10. Arus lalu lintas yang datang dari arah Abdul Muis menuju Jalan Museum, diluruskan ke Jalan Fachrudin. Begitu juga sebaliknya.

Pengalihan arus dari Istana Negara ke DPR/MPR:
1. Arus kendaraan yang datang dari arah S Parman menuju Jalan Gatot Subroto, dialihkan ke kiri Jalan K.S. Tubun atau ke kanan Palmerah atau ke Jalan Pejompongan
2. Arus kendaraan yang datang dari arah dari Satrio menuju Sudirman, diluruskan ke fly over Karet – K.H. Mas Mansyur, begitu pun arah sebaliknya
3. Arus kendaraan dalam tol dari arah timur menuju ke barat, yang mau keluar depan Cakra, diluruskan keluar depan Slipi Jaya. Apabila massa sudah menguassi tol arus ll yang datang dari arah timur dikeluarkan di off ramp Cakra, dialihkan ke arah Blok M maupun ke Semanggi arah utara
4. Arus kendaraan dalam tol dari arah barat menuju timur, yang mau keluar off ramp Senayan, diluruskan keluar off ramp Pancoran. Apabila massa sudah menguasai tol arus ll yang datang dari arah barat menuju ke timur, dikeluarkan di off ramp Darmasis
5. Apabila massa sudah melewati Lingkar Semanggi menuju DPR/MPR, maka arus ll yang datang dari arah Senayan, yang akan menuju Jalan Jenderal Gatot Subroto, diluruskan ke Jalan Sudirman - Thamrin arah utara.

Pengalihan arus di DPR/MPR, di lampu lalu lintas Lapangan Tembak:
- Kendaraan massa yang datang dari Jalan Asia Afrika, diarahkan balik arah kembali ke Jalan Asia Afrika atau lurus ke arah Pospol Palmerah.

Fly Over Senayan:
- Kendaraan massa dari arah timur, diarahkan belok kiri ke Jalan Gerbang Pemuda (tidak ada yang lurus menuju depan Gedung DPR/MPR RI)
- Kendaraan massa dari arah selatan (Jalan Gerbang Pemuda) diarahkan lurus naik fly over menuju Semanggi atau balik arah melalui kolong fly over menuju lampu lalu lintas Lapangan Tembak.

Semanggi:
- Kendaraan massa dari arah timur, diarahkan belok kiri ke arah Bunderan Senayan (tidak ada yang lurus ke arah barat)
- Kendaraan massa dari arah selatan, diarahkan lurus ke utara Bundaran HI
- Kendaraan massa dari arah utara, diarahkan lurus ke arah Bundaran Senayan

Pos Polisi Palmerah:
- Kendaraan massa dari arah utara (dari Pejompongan atau Manggala) diarahkan lurus ke arah Permata Hijau.

Lampu Lalu Lintas Pos Polisi Pejompongan:
- Kendaraan massa dari arah utara, diarahkan lurus ke arah Permata Hijau.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP