Kemenhub: Ada Sanksi Tegas untuk PO Bus Maut di Puncak

Kecelakaan bus masuk jurang di Ciloto, Puncak, Jawa Barat.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyesalkan terjadinya kecelakaan maut yang kembali memakan korban jiwa di Jalan Raya Puncak, Kampung Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, Minggu 30 April 2017. Untuk itu, Kemenhub meminta seluruh Dinas Perhubungan kembali melakukan pemeriksaan pada seluruh armada bus, baik itu AKAP maupun pariwisata.
 
"Tentu Kemenhub sangat menyesalkan terjadinya peristiwa kecelakaan yang berulang. Kami juga menyampaikan rasa keprihatinan yang sangat mendalam," ucap Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, JA Barata, dalam keterangan tertulisnya, Minggu 30 April 2017.

Bawa Rombongan Ibu-ibu Depok, 8 Fakta Kecelakaan Maut Bus di Ciater

Direktur Angkutan dan Multi Moda, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Cucu Mulyana, telah langsung diperintahkan ke lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam melakukan penyidikan dan penyelidikan untuk mencari penyebab kecelakaan tersebut. Selain itu, para petugas juga telah diminta untuk memperbaiki situasi, menghilangkan hambatan dan memperlancar kembali lalu lintas di lokasi kejadian.

"Kemenhub juga telah menugaskan Ditjen Perhubungan Darat untuk melaksanakan dan mengkoordinasikan Dinas Perhubungan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh armada bus (bukan random check) untuk seluruh armada setiap perusahaan bus, baik AKAP maupun Pariwisata," katanya.

VIDEO: KNKT Sebut Sopir Bus yang Masuk Jurang Tak Tahu Prosedur

Lebih lanjut Barata menjelaskan bahwa pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam hal proses memberikan sanksi kepada mereka (termasuk oknum maupun perusahaan) yang secara nyata terlibat pelanggaran pidana dalam kecelakaan-kecelakaan ini. 

Kemenhub sesuai kewenangannya, juga memberikan sanksi administrasi yang setimpal kepada perusahaan angkutan umum yang mengabaikan faktor-faktor keselamatan. "Kemenhub juga terus membina perusahaan angkutan umum agar terus melaksanakan sistem manajemen keselamatan transportasi yang baik," ucapnya. (one)

Jalur Ekstrem Pemicu Bus Sriwijaya Masuk Jurang, Wali Kota Usul Ini
Ilustrasi kecelakaan di jalan raya.

Bus Pariwisata Masuk Jurang di Sumedang, Kades: Belasan Orang Tewas

Bus Pariwisata yang masuk ke dalam jurang tersebut berasal dari Kabupaten Subang dan diduga alami kecelakaan tunggal.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2021