May Day, Ribuan Buruh Bekasi Siap 'Kepung' Istana

Buruh berdemo di depan Istana Merdeka
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id – Ribuan buruh di Kabupaten Bekasi bakal turun ke jalan dalam peringatan May Day yang jatuh pada 1 Mei 2017, besok. Rencananya para buruh dari kawasan industri Kota dan Kabupaten Bekasi bakal mendatangi Istana Negara.

French Police Arrest 540 People in May Day Protest

"Massa yang akan turun dari Kota Bekasi sebanyak 5.000 orang, dan dari Kabupaten Bekasi sebanyak 2.000 orang," kata Vice President Forum Serikat Pekerja Metal Indonesia, Obon Tabroni, Minggu 30 April 2017.

Obon menagatakan, untuk buruh berasal dari Kabupaten Bekasi akan dipusatkan tujuh titik pemberangkatan yang ada di kawasan industri. Ketujuh titik itu yakni East Jakarta Industrial Park Ejip, MM 2100, Jababeka, Lippo Cikarang, Delta Mas, Hyundai, dan Gobel.

Pemerintah Tangerang Gelar Pertandingan Bola Lawan 35 Serikat Buruh

Sedangkan untuk pemberangkatan di wilayah Kota Bekasi, kata Obon, akan dipusatkan di dua titik, yakni Kawasan Bantargebang, dan Wilayah industri Pondok Ungu. 

Salah satu isu yang akan dibawa para buruh dalam demonstrasi itu, masih terkait pengupahan. Salah satunya mendorong pencabutan PP No 78 tahun 2015 tentang sistem upah. "Kami menilai sistem itu tidak membahas upah dengan musyawarah, melainkan dengan rumus," jelasnya.

PKS Hadirkan Anies Baswedan untuk Ajarkan Buruh saat Peringati May Day

Termasuk penolakan sistem magang di sejumlah perusahaan. Menurut Obon, sistem magang itu yang pada akhirnya membuat pekerja cepat diputus kerjanya alias PHK. "Upah magang dibayar semaunya. Sedang karyawan lama terancam di-PHK," kata dia. (ren)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri Salatiga Mayday 2023

Ini Keluhan dan Permintaan Buruh Salatiga ke Ganjar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menghadiri peringatan Salatiga May Day 2023 di Halaman Pemkot Salatiga, Kota Salatiga pada Jumat, 5 Mei 2023.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2023