TUTUP
TUTUP
METRO

May Day, Ribuan Buruh Bekasi Siap 'Kepung' Istana

Salah satu isu yang masih jadi fokus para buruh yakni soal pengupahan.
May Day, Ribuan Buruh Bekasi Siap 'Kepung' Istana
Buruh berdemo di depan Istana Merdeka (VIVA.co.id/Moh Nadlir)

VIVA.co.id – Ribuan buruh di Kabupaten Bekasi bakal turun ke jalan dalam peringatan May Day yang jatuh pada 1 Mei 2017, besok. Rencananya para buruh dari kawasan industri Kota dan Kabupaten Bekasi bakal mendatangi Istana Negara.

"Massa yang akan turun dari Kota Bekasi sebanyak 5.000 orang, dan dari Kabupaten Bekasi sebanyak 2.000 orang," kata Vice President Forum Serikat Pekerja Metal Indonesia, Obon Tabroni, Minggu 30 April 2017.

Obon menagatakan, untuk buruh berasal dari Kabupaten Bekasi akan dipusatkan tujuh titik pemberangkatan yang ada di kawasan industri. Ketujuh titik itu yakni East Jakarta Industrial Park Ejip, MM 2100, Jababeka, Lippo Cikarang, Delta Mas, Hyundai, dan Gobel.

Sedangkan untuk pemberangkatan di wilayah Kota Bekasi, kata Obon, akan dipusatkan di dua titik, yakni Kawasan Bantargebang, dan Wilayah industri Pondok Ungu. 

Salah satu isu yang akan dibawa para buruh dalam demonstrasi itu, masih terkait pengupahan. Salah satunya mendorong pencabutan PP No 78 tahun 2015 tentang sistem upah. "Kami menilai sistem itu tidak membahas upah dengan musyawarah, melainkan dengan rumus," jelasnya.

Termasuk penolakan sistem magang di sejumlah perusahaan. Menurut Obon, sistem magang itu yang pada akhirnya membuat pekerja cepat diputus kerjanya alias PHK. "Upah magang dibayar semaunya. Sedang karyawan lama terancam di-PHK," kata dia. (ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP