Anies Baswedan Jawab Tuduhan Syiah: Saya Ahlussunnah

Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id - Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjawab tuduhan sebagian orang yang menyebutnya sebagai penganut Syiah, salah satu aliran sempalan dalam Islam yang berbaiat kepada  Ali bin Abu Thalib, satu dari empat sahabat Nabi Muhammad.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

Tuduhan itu, kata Anies, jelas fitnah besar. Dia sedari awal memang menyadari bakal banyak fitnah dan berita bohong yang dialamatkan kepadanya, tidak hanya soal Syiah, tetapi hal lain. Namun tuduhah soal penganut Syiah itu yang memang cukup santer memperburuk citranya.

"Saya orang Indonesia, muslim, dan alhamdulillah menganut Ahlussunnah (wal Jamaah, paham/aliran dalam Islam yang senantiasa berpegang teguh pada Alquran dan Hadits yang sahih)," kata Anies dalam diskusi Indonesia Lawyers Club di tvOne pada Selasa malam, 25 April 2017.

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga mengklarifikasi fitnah yang menyebutkan bahwa dia dekat atau berafiliasi dengan kelompok radikal atau fundamentalis Islam. Salah satu fitnah turunannya ialah Anies disebut memiliki misi tersembunyi menerapkan syariat Islam melalui peraturan daerah syariah di Jakarta.

Anies merespons santai fitnah itu karena tak satu pun program Aneis Baswedan-Sandiaga Uno yang mengandung unsur penerapan syariat Islam di Jakarta. "Maka, saya selalu bilang: tanyakan (ihwal isu syariat Islam) kepada yang mengatakan itu."

Andi Arief Prediksi Nol Persen Kemungkinan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Menang di MK

Anies dan Sandiaga maupun partai politik pengusung tak pernah sedikit pun berpikir menerapkan syariat Islam di Jakarta karena penduduk Ibu Kota memang multietnis dan multiagama. Dia mengingatkan juga bahwa Jakarta adalah tempat Sumpah Pemuda dideklarasikan dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diumumkan.

Semua itu, kata Anies, menguatkan alasan bahwa Jakarta adalah kota milik semua warga negara Indonesia, apa pun agama dan etnisnya. "Maka gubernurnya bukan gubernur sebagian orang, tapi semua kelompok," ujarnya. (one)

Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Salah satu tuntutan diajukan dari tim Anies-Muhaimin, dan Ganjar-Mahfud, dalam gugatan hasil Pilpres 2024, di Mahkamah Konstitusi atau MK, adalah digelarnya pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024