Pledoi 'Ikan Nemo' Ahok Jadi Gunjingan Netizen

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA.co.id – Pernyataan pembelaan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam lanjutan sidang kasus “penodaan agama” di Pengadilan Negeri Jakarta Utara hari ini langsung menjadi gunjingan hangat netizen di linimassa Twitter. Itu gara-gara Ahok menyamakan diri seperti Ikan Nemo. Ini tokoh utama di film kartun garapan Disney berjudul “Finding Nemo”.

Ditanya Enakan Jadi Istri Ahok Atau Ibu Rumah Tangga, Jawaban Veronica Tan Bikin Netizen Mikir

Kata Nemo pun langsung memuncaki percakapan di Twitter, tak lama setelah Ahok menyebut kata itu di dalam sidang.

Sejumlah netizen pun menggunakan kata Nemo sebagai bahan merisak Ahok. Berikut beberapa cuitan netizen soal Nemo yang VIVA.co.id pilih,

Masih Sering Dikaitkan dengan Ahok, Veronica Tan Senang?

Udah keren2 di gelarin santri kehormatan, sunan, naik lagi kerosul..eh malah ngaku nemo,hok hok ,ga menghargai yg ngasih gelar lu mah~ ????????

— ~(b '? '??)b (@Obetuaryz) 25 April 2017
yg punya hati dan yg mengenal Tuhan yg paham analogi 'finding nemo' ny pak ahok. #GodBlessAhok #GodBlessIndonesia

Tok! Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara

— H.O.K (@alvansepty) 25 April 2017
Semoga itu para hakim sidang Ahok pernah nonton Finding Nemo. Amin.

— Momo (@supermomo) 25 April 2017
Pledoi @basuki_btp : "Saya Hanya Seekor Ikan Kecil NEMO" ditengah Jakarta...#KangenNemo pic.twitter.com/mpJsIBKKj6

— Rudi Valinka #HOKI (@kurawa) 25 April 2017
Sebelumnya, dalam sidang lanjutan Penodaan Agama dengan agenda pembacaan pledoi, Ahok memang menyamakan dirinya dengan Ikan Nemo yang dirujuknya dalam sebuah film kartun Finding Nemo.

"Kita hidup di dunia melawan arus, kita tetap lakukan. Ikan Nemo diselamatkan jadi papa Nemo, ikhlaskan lalu ketika berteriak turun tahu enggak risikonya. Lalu terlepas, ada ikan berterima kasih tidak? Tidak ada," kata Ahok saat membacakan pledoi di sidang, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Dalam pendapat Ahok, Ikan Nemo memberikan perumpamaan yang pas untuk dirinya. Sebabnya, Ikan Nemo selalu berbuat baik tanpa pamrih meski tidak ada yang mengucapkan terima kasih kepadanya.

"Sekalipun kita melawan arus semua, asal kita sendiri jujur, mungkin tidak ada yang terima kasih sama kita. Kita juga tak peduli karena Tuhan yang hitung, bukan kita. Ini pelajaran dari film Nemo. Jadi orang tanya ke saya, ‘Kamu siapa? Saya ikan kecil Nemo di Jakarta.’ Lalu disambut tepuk tangan anak-anak," kata Ahok. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya