Sidang Pledoi Ahok, Polisi Kerahkan Pengamanan Maksimal

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Foe Peace

VIVA.co.id – Sidang dengan agenda pembacaan nota pembelaan (Pledoi) kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan digelar pagi ini, Selasa 25 April 2017. Dengan adanya sidang tersebut, ruas Jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, kini telah steril.

Cawapres Ma'ruf Amin akan Temui Ahoker

Penutupan akses Jalan RM Harsono tepatnya di sepanjang Gerbang Utama Kementerian Pertanian (Kementan) ini telah dilakukan sejak pukul 05.00 WIB. Rencananya Ahok bakal menjalani sidang itu di ruang Auditorium gedung A Kementan, Selasa 25 April 2017.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan, pihak kepolisian telah menyiapkan pengamanan maksimal dalam sidang Ahok ini. Argo juga mengatakan, aparat sudah memperkirakan jumlah massa yang akan datang dan berapa personel yang harus disiapkan.

Amnesty International Minta KY Periksa Hakim PK Ahok

"Kita sesuai SOP saja, pokoknya kita siapkan pengamanan semaksimal mungkin. Jumlah personel kita pastikan cukup untuk mengamankan," kata Argo, Selasa 25 April 2017.

Argo menambahkan, pihaknya juga telah mengantisipasi adanya pengerahan massa besar-besaran ke gedung Kementan untuk mengawal sidang tersebut. Pihaknya juga telah menyiapkan personel tambahan yang selalu siaga jika dibutuhkan.

Fadli Zon Khawatir Sidang PK Ahok Bisa Buat Kegaduhan Baru

"Pokoknya jumlah kita itu ada ribuan ya. Personel kita ribuan dan selalu siap apabila dibutuhkan," ujarnya.

Sejak pukul 06.00 WIB, aparat kepolisian telah melaksanakan apel pasukan pengamanan jalannya persidangan di depan gedung Kementan. Beberapa kompi diperintahkan untuk menjaga ketat setiap sudut kawasan perkantoran Kementan.

Petugas pengamanan juga tampak telah memasang pagar kawat di kedua arah ruas Jalan Harsono. Selain itu, ada beberapa kendaraan taktis seperti water cannon dan dua kendaraan jenis barracuda yang telah bersiaga.

Namun, sampai saat ini, hingga pukul 07.30 WIB, situasi masih sepi. Massa pro dan kontra Ahok belum terlihat di lokasi. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya