Pencoblosan Ulang di Pondok Kelapa, Anies-Sandi Tetap Unggul

Situasi pencoblosan ulang di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.
Sumber :
  • Viva.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Dalam pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 019, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, pasangan nomor urut tiga Anies Baswedan - Sandiaga Uno kembali unggul dengan meraup suara 256 suara.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Hasil kemenangan itu tak berubah dari hari pencoblosan di putaran kedua yang mengungguli pesaingnya, Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saiful Hidayat.

Untuk diketahui, pasangan petahana pada pemungutan ulang ini hanya mendapatkan 75 suara.

Buka Acara Jakarnaval 2018, Anies-Sandi Kompak Naik Vespa

"Ini lah perolehan hasil suara dua pasangan calon. Pasangan nomor dua 75 suara, sementara pasangan calon nomor tiga mendapatkan 256 suara," kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Choirulloh saat membacakan hasil suara, Sabtu 22 April 2017.

Pada saat pembacaan surat suara, peristiwa menarik terjadi pada penghitungan yang dilakukan petugas pemungutan suara. Hadir puluhan warga yang didominasi ibu - ibu, beberapa kali memekikan takbir ketika pasangan Anies - Sandi dinyatakan unggul dibanding Ahok - Djarot.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

"Allahu Akbar.. Allahu Akbar. Nomor Tiga dilawan," kata seorang Ibu ketika menanggapi hasil suara di TPS 019.

Dari 661 warga yang masuk dalam daftar pemilih tetap, pada putaran kedua ini, sebanyak 560 warga menggunakan hak politiknya. Kemudian, pada pemungutan ulang, jumlah itu menyusut hanya 339 suara.

Jumlah itu berpengaruh pada hasil perolehan resmi, di mana putaran kedua pasangan Basuki - Djarot mendapatkan 202 suara, sementara Anies - Sandi mendapatkan 349 suara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya