Banyak Pedagang Mudik, Harga Jadi Selangit

VIVAnews - Memasuki H-3 Lebaran, harga jual bahan makanan di sejumlah pasar di Jakarta Selatan, mulai tidak terkendali. Selain kebutuhan yang meningkat, banyaknya pedagang yang mudik Lebaran membuat harga menjadi selangit.

Berdasarkan sidak yang dilakukan Pemerintah Kota Jakarta Selatan, sejumlah harga kebutuhan di Pasar Kebayoran Lama sudah naik diatas 30 persen.

Daging sapi misalnya, dari Rp 60 ribu naik menjadi Rp 75 ribu per kilogram. "Harga hati naik Rp 70 dari Rp 65 ribu," ujar pedagang daging bernama Hartono, Rabu 16 September 2009.

Sementara itu, menurut Hasbullah, 34 tahun, pedagang ikan laut, mengakui kalau harga ikan laut yang dijualnya terpaksa dinaikan sekitar 20 persen. Ikan kakap dan cumi naik menjadi 28 ribu per kilonya dan udang naik menjadi Rp 50 per kilo.

Kenaikan harga tinggi juga terjadi pada ayam potong, untuk harga ayam ukuran kecil sudah mencapai Rp 28 ribu per ekor dan untuk ukuran yang lebih besar mencapai Rp 35 ribu per ekornya.

"Setiap hari selalu naik Rp 1.000. Dari tempat pemotongan juga naik terus," ujar Rina, 40 tahun..

Namun berbeda dengan yang diungkapkan David, 32 tahun, Pedagang telor di pasar itu. Harga telor ayam ras yang didatangkan dari Pemalang, Tegal dan Brebes, malah turun dari Rp 14 ribu menjadi Rp 13 ribu. Untuk ayam kampung harga per butirnya Rp 1.100 dan telor bebek Rp 1.300.

Sementara harga bumbu dapur juga terus mengalami kenaikan menjelang Lebaran ini. Harga cabai merah keriting naik tiga tahap selama puasa, dari Rp 16 ribu hingga Rp 32 ribu per kilo saat ini. Sementara cabai hijau keriting dari Rp 8 ribu menjadi Rp 16 ribu.

Salah satu pembeli bernama Elis Purba, mengatakan, tahun ini harga-harga di Pasar Kebayoran Lama terus naik dan tidak terkendali. Untuk menyikapinya, dia terpaksa mengurangi jumlah pembelian.

"Keluraga saya suka pedas. Biasa untuk Lebaran butuh 1,5 kilo cabai, sekarang dikurangi jadi 1 kilo saja," ujarnya. Harga bawang merah juga naik dari Rp 8 ribu jadi Rp 9 ribu dan bawang putih naik menjadi Rp 16 per kilogram.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka
Erik Ten Hag

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Manajer Manchester United, Erik ten Hag telah mencermati tiga pemain tim U-18 yang menampilkan performa menarik pekan ini. Dia membawa para pemain tersebut gabung latihan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024