Anies dan Ahok Sepakat Bahas Bersama RAPBD 2018

Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irwandi

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bertemu dengan calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 20 April 2017.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Dalam pertemuan itu, menurut  Anies, selain untuk rekonsiliasi dan tetap menjaga persatuan, juga untuk membahas program kerja ke depan dan anggarannya. Sebab, pelaksanaan pilkada di awal anggaran, sedangkan pelantikan jelang akhir tahun. 

Anies mengemukakan, gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang baru akan menjalankan tugasnya di sisa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2017. "Mengapa ini penting karena anggaran dengan siklus pilkada banyak enggak nyambung. Pilkada kan April, pelantikannya Oktober, entar anggaran diproses sekarang ini sampai Oktober," ujar Anies, di Balai Kota. 

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

Jika tidak ada pembicaraan awal, menurut Anies, anggaran yang disusun tidak mencerminkan rencana-rencana yang dijanjikan di dalam kampanye gubernur baru. "Nanti bisa-bisa rencana gubernur baru bisa dilaksanakan tahun 2019. Sebab itu, 2018 anggarannya sudah disusun sekarang," ujar Anies.

Anies mengatakan, pentingnya pembahasan terkait APBD itu agar rencana program kerja Anies-Sandi yang menjadi janji kampanye bisa dilaksanakan pada 2018. Untuk itu, penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI Jakarta 2018 sudah mulai direncanakan dan akan dibahas pada 2017.

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

"Tadi disepakati, tim anggaran kita yang nanti menerjemahkan program-program yang dijanjikan untuk dilaksanakan, akan dibicarakan dengan penyusun tim anggaran Pak Basuki, sehingga program-program bisa mulai dilaksanakan tahun 2018," ujarnya. 

Anies sangat menghargai sikap dan keterbukaan Basuki. Ahok, sapaan Basuki, sudah secara terbuka mengatakan akan mengajak kedua tim anggaran untuk duduk bersama agar rencana program kerja bisa masuk di rencana RAPBD DKI Jakarta 2018.

"Menghargai sekali keterbukaan Pak Basuki, sehingga memungkinkan tadi beliau sendiri yang menyampaikan. Tim kita saja saling ketemu supaya nanti anggaran yang disusun sudah memasukkan rencana 2018," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya