Djarot Ucapkan Selamat kepada Anies-Sandi

Calon petahana Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, (berpeci).
Sumber :
  • Ade Alfath

VIVA.co.id – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, yang dinyatakan unggul berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count lembaga survei.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Oleh sebab itu, saya ucapkan selamat kepada beliau," kata Djarot Saiful Hidayat saat menggelar konferensi pers di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu, 19 April 2017.

Meski demikian, Djarot meminta semua pihak tetap menunggu hasil penghitungan resmi atau real count dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta.  Djarot berharap apapun hasil Pilkada DKI Jakarta 2017 ini tetap aman dan menjaga kebersamaan yang terbangun selama ini.  

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Sebelumnya CEO Polmark Research Center Indonesia Eep Saefulloh Fatah mengatakan, 84 persen data yang sudah masuk berbasis quick count atau perhitungan cepat dari berbagai TPS Jakarta, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul di putaran dua Pilkada DKI.

"Karena data sudah 84 persen yang masuk, saya bisa katakan pemenang Pilkada DKI putaran kedua yakin Anies-Sandi menang," kata Eep dalam wawancara dengan tvOne, Rabu 19 April 2017.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Eep menjelaskan, data yang masuk antara lain dari enam wilayah di Jakarta termasuk Kepulauan Seribu. Dari data sampel sampai 84 persen, bisa diyakini pasangan nomor urut tiga tersebut menang di Pilkada DKI 2017. Meski hasil quick count harus menunggu hasil resmi dari KPU.

"Dengan ini, saya bisa katakan, hasil pilkada DKI 2017 dari perhitungan berbasis quick count, meski ini menunggu hasil KPU, bahwa yang unggul di Pilkada kali ini adalah pasangan Anies-Sandiaga," ujarnya

Terkait kekhawatiran turunnya partisipasi pemilih, menurut dia, hal tersebut tidak terjadi. Eep menyebut angka partisipasi ini mencapai di angka 76,59 persen.

"Kekhawatiran tentang turunnya partisipasi tidak terjadi, selamat kepada Pak Anies-Sandi," kata dia. Dari data pukul 16.21 WIB, data quick count Polmark menyebutkan Ahok-Djarot mendapat 42,33 persen dan Anies-Sandi 57,67 persen. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya