Ahok Menang di TPS Sendiri, Anies Unggul di TPS Djarot

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bersama istrinya, Veronica Tan, beberapa waktu silam.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Hasil penghitungan sementara berdasarkan formulir C1, pasangan Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saiful Hidayat menang telak di TPS 54 Pluit, Jakarta Utara.

Hasto: Ahok Belum Terdaftar Jadi Kader PDI Perjuangan

TPS tersebut merupakan lokasi Basuki atau Ahok menggunakan hak suaranya beserta istri, Veronica Tan dan putra sulungnya Nicholas Sean.

Dari hasil yang disampaikan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara, pasangan nomor urut dua, Basuki - Djarot unggul 400 suara sedangkan Anies - Sandi hanya mendapatkan tiga (3) suara.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Dari jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 549 surat suara, ada 146  surat suara tak terpakai. Itu artinya, sebanyak 403 warga menggunakan hak pilihnya dan ada satu suara yang dianggap tidak sah. "Hanya satu suara tidak sah," kata Sawato salah satu anggota KPPS TPS 54 Pluit, Jakarta Utara.

Kemenangan telak Ahok di TPS tempatnya mencoblos, hampir sama seperti hasil pada putaran pertama. Saat itu pasangan Basuki - Djarot meraih suara 388 suara sementara Anies - Sandi hanya mendapat 4 suara.

Djarot: Ahok Minta Pendukungnya Tak Golput

Sementara itu, di TPS 08 Kuningan Timur, Jakarta Selatan, dimana Cawagub Ahok, Djarot Saiful Hidayat menggunakan hak pilihnya, justru pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno berhasil mengungguli Ahok-Djarot.

Berdasarkan data dari Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 08 Kuningan Timur, Ravi Masud, Anies-Sandi mendapatkan 212 suara, sedangkan pasangan Ahok-Djarot memperoleh 107 suara. Total surat suara yaitu 320 suara dan satu suara tidak sah.

Sebelumnya, pasangan Anies-Sandi juga unggul di TPS tersebut pada putaran pertama lalu. Ketika itu, Anies-Sandiaga mendapat perolehan suara sebanyak 140 suara. Kemudian pasangan Ahok-Djarot mendapat perolehan suara sebanyak 93 suara dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, mendapat perolehan 84 suara, dan 6 suara yang tidak sah.

Djarot sendiri mengaku telah siap menerima apapun hasil dari Pilkada DKI Jakarta putaran kedua ini. "Saya berharap ada ketenangan jiwa, maka dendam amarah benci itu hilang. Kalau batin kuat hati tenang menimbulkan kedamaian. Saya siap apapun hasilnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya