Kemendagri Sebar Ratusan Pegawai untuk Kawal Pilkada

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah saat mengunjungi TPS 26 di Kalibata City
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA.co.id – Kementerian Dalam Negeri mengerahkan ratusan pegawainya untuk memastikan keamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta putaran kedua pada Rabu 19 April 2017. Pegawai Kemendagri disebar ke seluruh pelosok ibu kota.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

“Kami sebar hampir 400 pegawai, baik yang tinggal di pinggiran Jakarta. Turun ke bawah, mengecek semua aman,” kata Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, usai mencoblos di tempat pemungutan suara 01, Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Rabu 19 April 2017.

Tjahjo mengakui, partisipasi para pemilih pada putaran kedua di beberapa TPS mengalami penurunan. Misalnya, jumlah daftar pemilih tetap yang berada di TPS 01. Pada putaran pertama, DPT di TPS tersebut mencapai 606 orang. Namun, pada putaran kedua, jumlahnya menurun menjadi 596 pemilih.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

Namun, ia menegaskan, ada beberapa TPS yang justru jumlah pemilihnya bertambah. Terlepas dari hal itu, mendagri memastikan bahwa warga DKI Jakarta bisa menggunakan hak pilihnya pada putaran kedua Pilkada DKI.

“Saya sudah mengecek langsung ke Pak Sumarsono (saat) sebagai plt (Pelaksana Tugas Gubernur DKI), jangan sampai ada satu warga yang tidak bisa menggunakan hak pilih. Sepanjang dia bisa menunjukkan KK (Kartu Keluarga) dan KTP (Kartu Tanda Penduduk),” katanya.

PAN Jakarta Tak Masalah Kaesang Maju Pilgub DKI: Semua Punya Hak

Menurut Tjahjo, Pilkada DKI Jakarta saat ini menjadi barometer pelaksanaan pesta demokrasi. Maka dari itu, diharapkan seluruh elemen ibu kota bisa menjaga pelaksanaan pesta demokrasi yang kondusif, dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang pada akhirnya mengganggu pelaksanaan pilkada.

“Ini komitmen yang didukung oleh aparat dengan memastikan bahwa Pilkada DKI aman, tenang, dan tidak ada gejolak. Karena ini adalah momentum,” ujarnya.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep digadang-gadang maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada Serentak 2024. Sejumlah partai.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024