Panglima TNI Jamin Keamanan Warga yang Nyoblos di TPS

Panglima TNI, Kapolri, Menkopolhukam, Kapolda Metro Jaya di acara pembekalan
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono

VIVA.co.id – Aparat gabungan TNI-Polri bakal dikerahkan ke tiap-tiap tempat pemungutan suara untuk menjaga keamanan Pilkada DKI yang akan berlangsung 19 April 2017. 

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memastikan warga Jakarta bisa menyalurkan hak pilihnya secara aman dan tanpa tekanan. Ia juga menegaskan negara akan hadir di setiap sudut Jakarta di Pilkada putaran kedua ini.

"Seluruh warga harus dalam kondisi damai tenang dan tanpa tekanan. Negara harus hadir di mana pun juga di Jakarta," ujar Gatot di Ecovention, Ancol, Jakarta Utara, Selasa, 18 April 2017.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Gatot menekankan, warga Jakarta akan dijamin keamanannya dalam menyalurkan hak pilih suara esok. Ia juga menjamin bahwa kondisi Jakarta saat ini aman.

"Warga Jakarta yang menyalurkan hak pilihnya dari mulai berangkat ke TPS hingga kembali lagi harus dijamin keamanannya, personel juga sudah akan mulai masuk pos TPS masing-masing, mulai siang/sore ini," kata Gatot.

Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

Dalam menjamin keamanan Ibukota, Gatot juga menegaskan bahwa tiap instansi telah siap dengan pasukan cadangan. "Tiap TPS ada personel, dekat TPS ada personel, Pak Kapolri siap dengan pasukan cadangan. Saya pun siap dengan pasukan cadangan, Jakarta aman," ucap Gatot di depan para pasukan saat memberikan arahan.

Pantauan VIVA.co.id, puluhan ribu personel TNI Polri sudah berada di Ecovention, Ancol, Jakarta Utara untuk pembekalan.

Puluhan ribu personel gabungan TNI Polri hadiri pembekalan pengamanan Pilkada

(Puluhan ribu personel gabungan TNI Polri hadiri pembekalan pengamanan Pilkada DKI putaran kedua di Ancol. VIVA.co.id / Danar Dono)

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal  Mulyono terpantau telah tiba sejak pukul 07.15 WIB di lokasi, disusul Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Pada pukul 07.20 WIB, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanaan Wiranto juga telah tiba. Dijadwalkan, acara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Pasukan TNI-Polri ini disiapkan untuk mengamankan Pilkada DKI Putaran kedua yang akan dilakukan esok hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya