Dana Kampanye Ahok-Djarot Didominasi Sumbangan Swasta

Konser Gue 2 Ahok-Djarot
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Dana kampanye putaran kedua pasangan cagub Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan cawagub Djarot Saiful Hidayat, didominasi oleh pemberian dari badan hukum swasta. Jumlahnya mencapai Rp17,7 miliar dari Rp27,7 miliar dana yang berasal dari pihak swasta.

JK Akui Sarankan Anies pada Prabowo Agar Negara Aman

"Ini memang berbeda dengan sumber dana kampanye putaran pertama kami yang 75 persen-nya berasal dari patungan masyarakat," kata Staf Bendahara tim sukses Ahok-Djarot, Michael Sianipar di KPU DKI Jakarta, Minggu 16 April 2017.

Namun Michael tidak menjelaskan rinci badan hukum swasta dimaksud apakah sebuah perusahaan atau yang lainnya. Dia hanya menyebut dari seluruh yang diberikan sponsor swasta, hanya Rp27,6 miliar yang bisa digunakan, sebab yang Rp103,8 juta di antaranya tidak memenuhi syarat.

Jokowi Undang Anies-Sandi ke Istana Setelah Pengumuman KPU

Disinggung penyerapan dana kampanye pada putaran pertama, dikatakan Michael, terdapat sisa Rp4,8 miliar dari total Rp60,1 miliar. Menurut Micahel, pihaknya berencana membeli bus untuk dihibahkan ke DKI Jakarta dari sisa dana Rp4,8 miliar itu, tetapi akhirnya dipakai untuk kampanye putaran kedua, seperti keputusan KPU DKI.

"Memang akhirnya (tidak jadi buat bus) karena waktu satu bulan (kampanye putaran kedua) yang sempit itu kami tak bisa bikin patungan rakyat," tuturnya. Secara keseluruhan, total dana kampanye tim Ahok-Djarot selama dua putaran ini mencapai Rp85,3 miliar.
 

Rekapitulasi Pilkada DKI Selesai, Anies-Sandi Unggul Mutlak
Djarot Syaiful Hidayat di tengah konser kebangkitan nasional

Djarot Ajak Warga DKI Ramah dan Tidak Marah-marah

Tak perlu menebar benci meski beda sikap dan pendapat.

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2017