Arus Balik Liburan, 98 Ribu Kendaraan Bakal Masuk Jakarta

Antrean kendaraan di gerbang tol Cikarang Utama.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id –  PT Jasa Marga mencatat sebanyak 73 ribu kendaraan masuk ke Jakarta lewat Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama pada Sabtu kemarin, 15 April 2017. Angka itu dianggap masih normal mengingat biasanya arus balik libur panjang tercatat sebanyak 70 ribu kendaraan masuk ke Jakarta.

Kecelakaan Beruntun di GT Halim Ternyata Libatkan 7 Kendaraan, 3 Gardu Ditutup Sementara

"Hal ini sejalan dengan prediksi bahwa puncak arus balik dalam rangka hari raya Wafat Isa Al Masih diperkirakan akan jatuh pada hari ini, Minggu 16 April 2017," kata AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru, Minggu 16 April 2017.

Jasa Marga memprediksi, kendaraan yang akan masuk Jakarta pada hari ini di GT Cikarang Utama mencapai 98 ribu kendaraan atau naik 11 persen dari lalu lintas normalnya 88 ribu kendaraan.

INFOGRAFIK: Jalan Tol Gratis Mudik Lebaran 2024

Pihak Jasa Marga telah menyiapkan antisipasi kepadatan di GT Cikarang Utama yaitu dengan mengoptimalisasi gardu exit yaitu 17 Gardu Reguler dan 4 GTO, total 21 Gardu. Kemudian mengurangi 4 Gardu masuk yang dioperasikan ketika mengalami kepadatan.

Dan dalam kondisi darurat untuk meningkatkan kapasitas transaksi di Gerbang Tol dilakukan optimalisasi kapasitas GTO, yaitu dengan mekanisme transaksi non tunai pada GTO menjadi transaksi tunai atau tapping e-Toll yang dilakukan petugas Pengumpul Tol.

Menteri Muhadjir Blak-blakan soal Tol Gratis dan Diskon saat Mudik Lebaran

"Termasuk juga mengalihkan lalu lintas arah Jakarta untuk keluar GT Cikarang Barat 2 dan masuk kembali melalui GT Cikarang Barat 4," kata dia.

Jasa Marga menghimbau kepada pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan melalui informasi kondisi lalu lintas terkini. (mus)

Tol Cikupa Tangerang-Merak

3,5 Juta Kendaraan Diprediksi Melintasi Tol Tangerang Merak Saat Mudik Idul Fitri 2024

Berbagai persiapan dilakukan operator Jalan Tol Tangerang Merak untuk menyambut 3,5 juta kendaraan yang mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024. Jumlah tersebut naik 3,6

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024