Survei: Pemilih Muslim ke Anies, Pemilih Rasional ke Ahok

Debat Ahok-Anies dan Djarot-Sandi
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Direktur Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, membeberkan hasil survei yang telah dilakukan pihaknya terhadap 780 responden sejak 7-12 April 2017, dalam hal kontestasi Pilkada DKI. Kata dia, dari hasil survei preferensi wawancara terbuka terhadap para responden, pasangan Anies Baswedan - Sandiaga Uno diuntungkan dengan aspek primordial keagamaan.

Unggah Foto Jokowi dan Ahok, Fadli: Sejarah Simpan Misteri

Yunarto menjelaskan, pemilih muslim cenderung memilih pasangan Anies-Sandi. Sementara pemilih rasional cenderung memilih pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat atas kepuasan kinerjanya.

"Faktor rasional cukup berpengaruh di Ahok-Djarot. Sedangkan faktor emosional sangat menguntungkan Anies-Sandi," ujar dia di kantor Charta Politika, Jakarta, Sabtu, 15 April 2017.

Buya Syafi'i soal Ganjar: Layak, kalau Tak Dipanggil Jakarta

Berdasarkan kesukuan, kedua pihak sama-sama diuntungkan. Menurutnya, suku Betawi lebih condong ke pasangan Anies-Sandi, sedangkan Jawa cenderung ke Ahok-Djarot. "Kemudian suku-suku lain bisa dikatakan berimbang," ucapnya.

Sementara secara kumulatif, Charta Politika Indonesia mencatat, baru pekan ini Ahok-Djarot bisa menyusul Anies-Sandi dengan capaian masing-masing 47,3 persen dan 44,8 persen dari survei yang dilakukannya. Angka ini tentu berbeda dengan empat bulan sebelumnya secara berturut-turut, di mana Anies-Sandi selalu unggul atas pasangan Ahok-Djarot.

Riuh Pilkada, Alexis Hingga Tanah Abang

"Kenaikan elektabilitas hampir sejalan antara Anies-Sandi dengan Ahok-Djarot di putaran kedua, karena Agus-Sylvi tidak ikut lagi. Ahok belum dipastikan unggul karena selisih 2,5 persen masih di bawah margin of error. Bisa dikatakan berimbang pada minggu ini," kata dia. (one)

Ketua DPD Golkar Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar.

Golkar Ngotot Ajukan Kader Internal di Pilgub Jakarta 2024

Pengurus DPD Golkar Jakarta baru akan persiapkan kader internal maju.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2020