Pilkada DKI Rawan Gesekan, KPU-Bawaslu Diminta Lebih Tegas

Debat pamungkas Pilkada DKI Jakarta 2017, 12 April 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id - Komisioner Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu diharapkan dapat menjaga kontestasi Pilkada DKI putaran kedua, agar aman dan terkendali. Komisi II DPR sebagai mitra dua lembaga ini mengingatkan, komisioner dua lembaga ini, agar dapat pro-aktif dalam menjaga keberlangsungan putaran kedua yang akan digelar 19 April 2017 mendatang.

JK Akui Sarankan Anies pada Prabowo Agar Negara Aman

Menurut Anggota Komisi II DPR RI, Rahmat Hamka, KPU harus dapat memastikan warga DKI mendapatkan hak pilihnya dengan baik, selain secara intensif melakukan tupoksinya.

"Kami dari Komisi II, ingin KPU pro aktif jelang pilkada ini. Warga DKI Jakarta harus mendapatkan hak pilih dengan baik," ujar Rahmat Hamka saat dihubungi VIVA.co.id, Sabtu 15 April 2017.

Jokowi Undang Anies-Sandi ke Istana Setelah Pengumuman KPU

Rahmat menambahkan, KPU juga mesti mempunyai sikap tegas dalam menjalankan tugasnya, mengingat akhir-akhir ini kerap terjadi permasalahan, atau kecurangan dalam pelaksanaan pilkada. "Ini tugas KPU untuk bersikap tegas. Perlu rasanya KPU bikin satuan khusus, tidak hanya menunggu di posko, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.

Ia berharap, roadmap yang telah didesain KPU, agar disinergikan dengan aparat Kepolisian. Sebab, tugas KPU saat ini dinilai lebih berat dibandingkan dengan putaran pertama. Meski secara teknis tugas memang dilakukan KPU DKI Jakarta, tetapi pertanggungjawaban ada di tangan KPU pusat.

Rekapitulasi Pilkada DKI Selesai, Anies-Sandi Unggul Mutlak

Politikus PDI Perjuangan ini menilai, kontestasi ini harus menjadi momentum bagi KPU dan Bawaslu menunjukkan taringnya, dan "powerfull" dalam menjaga pesta demokrasi. "Baik KPU dan Bawaslu harus powerfull dalam menjaga pesta demokrasi ini. Kerahkan semua potensi yang ada, karena Jakarta dari rakyat untuk rakyat," kata dia. (asp)

Djarot Syaiful Hidayat di tengah konser kebangkitan nasional

Djarot Ajak Warga DKI Ramah dan Tidak Marah-marah

Tak perlu menebar benci meski beda sikap dan pendapat.

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2017