Libur Panjang

98 Ribu Mobil 'Eksodus' dari Jakarta lewat Tol Cikampek

Ilustrasi arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikarang Utama.
Sumber :
  • @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id – PT Jasa Marga memperkirakan volume lalu lintas yang keluar dari Jakarta menjelang libur wafat Isa Al Masih meningkat signifikan di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama ke arah Cikampek dan GT Cibubur Utama ke arah Bogor.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan, puncak volume arus lalu lintas yang keluar dari Jakarta melalui GT Cikarang Utama, ruas Jakarta Cikampek, diproyeksikan melonjak 30 persen dari arus lalu lintas normal.

“Pada kondisi normal volume lalin (lalu lintas) yang melintas sekitar 75 ribu kendaraan, pada libur wafat Isa Al Masih volume lalu lintas puncak diperkirakan akan mencapai 98 ribu kendaraan pada hari ini,” ujar Heru dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis, 13 April 2017.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Sementara itu, gerbang tol lain yang diproyeksi mengalami lonjakan volume lalin adalah GT Cibubur Utama di Jalan Tol Jakarta Bogor Ciawi (Jagorawi). 

Pada kondisi normal, kata dia, volume lalu lintas mencapai sekitar 97 ribu kendaraan, sedangkan pada puncak lalu lintas melalui GT Cibubur Utama tersebut diproyeksi akan mencapai 104 ribu kendaraan. "Ini melonjak 11 persen dari lalu lintas normal," katanya. 

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

Pihaknya melakukan sejumlah antisipasi kepadatan kendaraan melalui pelayanan transaksi, mulai dari menambah jumlah petugas pengumpul pembayaran pada gerbang tol yang lalu lintasnya padat.

"Kami antisipasi dengan melaksanakan transaksi jemput kendaraan pada saat terjadi antrean panjang di GT Cikarang Utama dan di GT Cibubur Utama," ujarnya. 

Dia menambahkan, "Serta ada petugas jemput transaksi pada gardu-gardu yang beroperasi pascaintegrasi transaksi tol Jakarta-Tangerang- Merak." (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya