LSI: Jelang Pilkada, Suara Ahok Tertinggal Jauh dari Anies

Debat Kedua Pilkada DKI Jakarta 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis survei terbaru yang bertema 'Final Ahok vs Anies' di Kantor LSI Graha Rajawali, jalan Pemuda, Rawamangun Jakarta Timur, Kamis 13 April 2017. Dari hasil survei tersebut, terlihat bahwa menjelang pemungutan suara, kemungkinan masyarakat DKI punya gubernur baru makin kuat.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

Pasangan calon petahana, Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Syaiful Hidayat (Ahok - Djarot) saat ini tertinggal 8,7 persen di bawah pasangan penantang Anies Rasyid Baswedan - Sandiaga Salahuddin Uno (Anies-Sandi). 

"Saat ini (April 2017), elektabilitas pasangan Anies-Sandi sudah di atas 50 persen, yaitu sebesar 51,4 persen. Sedangkan pasangan Ahok-Djarot memperoleh dukungan sebesar 42,7 persen. Sedangkan mereka yang belum menentukan pilihan hanya sebesar 5,9 persen," kata Peneliti LSI, Ardian Sopa di Kantor LSI, Jalan Raya Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis siang, 13 April 2017.

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

Ardian mengatakan, jika dibandingkan dengan survei bulan Maret 2017, kedua pasangan calon sama-sama mengalami kenaikan. Pada Maret 2017 elektabilitas pasangan Anies-Sandi sebesar 49,7 persen. Pada April 2017, mengalami kenaikan sebesar 1,7 persen menjadi 51,4 persen. 

"Sementara pasangan Ahok-Djarot, pada Maret 2017, elektabilitasnya sebesar 40,5 persen. Saat ini (April 2017) mengalami kenaikan sebesar 2,2 persen menjadi 42,7 persen," ujarnya

Andi Arief Prediksi Nol Persen Kemungkinan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Menang di MK

Survei ini dilakukan LSI Denny JA sejak tanggal 7-10 April 2017 di Jakarta. Survei dilakukan secara tatap muka terhadap 440 responden. Responden dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of Error survei ini plus minus 4.8 persen.

"Survei ini dibiayai dengan dana sendiri, dan dilengkapi pula dengan kualitatif riset (FDG/focus group discussion, media analisis, dan indepthinterview)," ujarnya

Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Salah satu tuntutan diajukan dari tim Anies-Muhaimin, dan Ganjar-Mahfud, dalam gugatan hasil Pilpres 2024, di Mahkamah Konstitusi atau MK, adalah digelarnya pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024