Ahok Bagi Ilmu Cara Redam Kepentingan di Penyusunan APBD

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kiri), disaksikan Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok memaparkan cara dia menyusun rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah, atau APBD yang harus transparan sesuai dengan peruntukkan pembangunan.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Menurutnya, dengan menggunakan sistem teknologi informasi dalam penganggaran, atau e-budgeting pada masa pemerintahannya tak lain untuk mencegah adanya penyalahgunaan uang rakyat.

Hal itu dikatakan Ahok, merespons pertanyaan moderator dalam acara debat final Pilkada DKI terkait perencanaan APBD yang kerap terbentur kepentingan DPRD.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

"Bagi kami sebetulnya, tidak terlalu susah bagaimana kita 2015, membuat transparansi mengunakan e-musrembang ada di Jakarta Smart City," kata Ahok, saat debat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu 12 April 2017.

Ahok mengatakan, permasalahan yang pernah dia hadapi dengan DPRD dalam penyusunan anggaran hanya soal uang negara yang tidak dialokasikan sesuai peruntukannya.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Lebih lanjut, ia menegaskan, kebanyakan anggota DPRD melakukan tugasnya dengan tepat, namun memang ada beberapa oknum yang dinilai tidak bekerja dengan transparan.

Ahok menjelaskan, dia sempat berhadapan dengan DPRD tentang penyusunan APBD. Ahok saat itu mengeluarkan peraturan gubernur untuk merealisasikan anggaran, karena tidak melanggar aturan.

Atas tindakannya tersebut, kata Ahok, dia mampu melakukan penghematan yang lalu dialihkan untuk program-program kesehatan masyarakat.

"Ketika tidak ada kesepakatan dengan Dewan, ada Undang Undang yang mengatur kepala daerah mengeluarkan pergub. Itu yang kami keluarkan," kata dia.

"Karena banyak juga anggota Dewan yang baik. Itu, karena oknum tertentu saja yang punya kepentingan," lanjut Ahok. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya