Tanggul di Komplek Mewah Jatiasih Amblas

Tanggul yang retak di Perumahan Mitra Lestari Jatiasih, Bekasi.
Sumber :
  • Dani (Bekasi)

VIVA.co.id – Warga perumahan mewah Mitra Lestari, Jatiasih, Kota Bekasi, mulai cemas. Sebab, tanggul yang ada di depan perumahan tersebut amblas. Kondisi tanggul longsor sedalam satu meter, setelah tergerus air hujan.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Ketua RT 05, RW 22, Perumahan Mitra Lestari, Soni Pamena mengatakan, tanggul itu menahan air yang mengalir dari Kali Bekasi. “Kami sudah lapor ke dinas terkait soal amblasnya tanggul, kami takut ada luapan air dari Kali Bekasi,” katanya di lokasi, Rabu 12 April 2017.

Soni mengakui, ada 400 rumah warga di perumahan tersebut. Dengan kondisi tanggul sekarang, warga was-was atas ancaman banjir. Sebab, arus air dari Kali Bekasi, bisa dengan bebas meluap bila debit sudah tinggi. “Kalau, tinggi permukaan air (TMA) di atas 400 sentimeter, air akan lolos dari tanggul dan menerjang rumah warga,” jelasnya.

Banjir Demak Mulai Surut, Jokowi Kembali ke Jakarta

Sementara itu, warga satu warga perumahan tersebut, Susilo Hadi mengatakan, amblasnya tanah tanggul berdampak pada keretakan pada badan tanggul.

Ia juga mengkritik pembuatan tanggul yang dilakukan Pemerintah Kota Bekasi. Sebab, perbaikan yang dilakukan pada Oktober 2016, tidak sesuai dengan kebutuhan. “Tanggul yang retak itu baru saja dibuat sejak Oktober 2016. Tetapi, belum apa-apa sudah amblas lagi pondasinya,” tuturnya. (asp)

Tinjau Korban Banjir Demak, Jokowi Ungkap Biang Keroknya
Petugas gabungan memasang bronjong mencegah banjir kali hek kramat jati

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

BPBD DKI Jakarta memasang bronjong atau tumpukan batu kali di Hek kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur untuk menangani limpasan air atau banjir di daerah itu.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024