Transparan, Kiat Anies Antasi Kendala Penyusunan APBD

Debat Terakhir Pilgub DKI Jakarta 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Pertanyaan pertama dalam debat pamungkas pasangan calon Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 putaran kedua, terkait persoalan penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah di Jakarta. Pada 2015, penyusunan anggaran ini sempat mengalami hambatan.

Sandiaga ke Pendamping Baru Anies: Jangan Baper

Karena itu, calon diminta untuk memberi penjelasan terkait masalah-masalah tersebut. Calon Gubernur Anies Baswedan menyampaikan bahwa dirinya akan melalui proses interaksi yang baik dengan DPRD dalam penyusunan anggaran.

Menurut Anies, perdebatan penyusunan anggara umum terjadi dan tidak hanya di Jakarta saja. Karena itu, dalam proses penyusunan anggaran dibutuhkan transparansi, komunikasi, dan saling menghormati.

Anies Baswedan 16 Bulan Tak Punya Wagub, Inikah Penyebabnya?

"Kita harus bisa menunjukkan letak kepentingan warga, perdebatan ada di mana saja. Yang jadi masalah, bagaimana pemimpin bisa merangkul. Kami akan dekati DPRD dengan rasa hormat. Penjaga terbaik adalah transparan, sampaikan ini kepada publik," kata Anies.

Dalam debat kali ini, ada tujuh panelis yang disertakan, mulai dari pengamat politik, ekonom, ahli komunikasi, dan ahli tata kota.

Cerita Haru Saat Serah Terima Kunci Rumah DP 0 Rupiah

Berikut tujuh panelis yang dihadirkan KPU DKI Jakarta:

1. Siti Zuhro, pengamat politik.

2. Riono Tjipto Heriyanto, ekonom

3. Enny Sri Hartati, ekonom

4. Gun-gun Heryanto, pakar komunikasi

5. Mutia Gani Rohman, Sosiolog

6. Yayat Supriatna, pakat tata kota

7. Imam Prasodjo, sosiolog

Saksikan secara langsung debat pamungkas ini di tvOne dan VIVA.co.id. Debat pamungkas ini akan digelar mulai pukul 19.30 hingga 22.00 WIB. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya