TUTUP
TUTUP
METRO

Menanti Adu Gagasan Ahok dan Anies di Debat Pamungkas

Nelayan, penghuni rusun bisa bertanya ke dua cagub di debat malam ini.
Menanti Adu Gagasan Ahok dan Anies di Debat Pamungkas
Debat ketiga Pilkada DKI Jakarta di Jakarta. (VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar)

VIVA.co.id – Dua pasangan calon yang bersaing di putaran dua Pilkada DKI, akan menyampaikan gagasan program dalam debat pamungkas yang digelar malam ini, Rabu, 12 April 2017. Dalam debat satu-satunya di putaran dua dan yang terakhir ini, perwakilan elemen masyarakat akan dilibatkan untuk berdialog langsung dengan dua paslon.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Sumarno mengatakan, unsur masyarakat akan menjadi salah satu segmen dalam debat kali ini. Menurutnya, perwakilan masyarakat yang hadir dan bertanya dalam debat sudah diseleksi untuk menjaga netralitas.

"Kami seleksi masyarakat yang bertanya tentunya. Ada unsur masyarakat pengusaha UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), penghuni rusun (rumah susun), nelayan, dan pedagang kecil. Nah, ini ada di sesi pertama debat," kata Sumarno saat kepada VIVA.co.id, Selasa 11 April 2017.

Dijelaskan dia, sesi kedua akan diisi pertanyaan dari sejumlah panelis kepada dua paslon, yaitu pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Panelis yang dihadirkan dalam sesi ini dijadwalkan ada tujuh orang dengan latar belakang beberapa akademisi serta para ahli.

"Sesi kedua dua paslon nanti, akan jawab pertanyaan dari tujuh panelis, bagaimana tentang program gagasan sampai dua putaran ini," lanjut Sumarno.

Kemudian, di sesi ketiga, atau yang terakhir, masing-masing paslon akan diberikan kesempatan secara bergantian untuk menyampaikan pertanyaan dan menjawab. Giliran pertama akan diberikan dua calon wakil gubernur, untuk saling bertanya kemudian memberikan jawaban.

"Selanjutnya, gantian masing-masing calon gubernur yang akan bertanya dan menjawab," ujarnya.

Acara debat malam ini akan dipandu presenter Ira Koesno sebagai moderator. Hotel Bidakara Jakarta, akan kembali menjadi lokasi penyelenggara debat final yang digelar pukul 19.30 - 22.00 WIB.

Dua paslon baik petahana Ahok-Djarot, atau pun Anies-Sandi kepada awak media sudah menyatakan, kesiapannya mengikuti debat. Jadwal debat merupakan rangkaian tahapan yang digelar sepekan sebelum hari pemungutan suara putaran kedua ini. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP