Pilkada Jakarta 2017

Surat Suara di Jakarta Pusat Kurang 14 Ribu

Distribusi logistik Pilkada.
Sumber :
  • Irwandi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Jakarta Pusat mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017 putaran kedua ke seluruh wilayah, Sabtu, 8 April 2017. Salah satunya ke delapan kecamatan se-Jakarta Pusat

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Logistik yang didistribusikan yakni surat suara, formulir, tinta, gembok, template untuk penyandang tuna netra, stiker kotak suara, segel, bantalan dan alat coblos, dan semua jenis sampul. Sedangkan logistik lainnya akan didistribusikan dalam dua hingga empat hari ke depan.

"Hari ini juga KPUD Jakarta Pusat melakukan distribusi ke delapan kecamatan wilayah se Jakarta Pusat," kata Ketua KPUD Kota Jakarta Pusat, Arif Bawono, di gudang Logistik KPU Jakarta Pusat, Jalan Kali Baru Timur Dalam nomor 74 A-C, Kelurahan Bungur, Senen, Jakarta Pusat.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Arif mengatakan, pihaknya telah menerima surat suara sebanyak 766.439 pada 29 Maret 2017 lalu. Namun setelah dilakukan pelipatan dan penyortiran, jumlah surat suara tersebut 762.990 yang dalam keadaan baik dan 66 dalam keadaan rusak.

Dia menjelaskan, kebutuhan surat suara di wilayah Jakarta Pusat sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yakni 757.515 dan ditambah dengan 2,5 persen cadangan yakni 19.558. Dengan demikian, kata dia, total surat suara yang dibutuhkan yakni 777.073. 

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

"Kemudian ketika dihitung oleh kepala pokja KPUD Jakarta Pusat, Saudara Yosrizal, KPUD Kota Jakarta Pusat kekurangan surat suara putaran kedua sebanyak 14.083. Yang Insya Allah dalam waktu 2 hari 3 hari ke depan sudah terpenuhi dengan baik. Mungkin hari Senin siang sudah ada. Dan langsung kami distribusikan sesuai dengan 8 kecamatan dan jumlah TPS yang ada," ujarnya.

Arif menjelaskan, bahwa penambahan kebutuhan surat suara di wilayah Jakarta Pusat lantaran adanya penambahan DPT yang putaran pertama yakni 747.152 menjadi 757.515 ribuan pada putaran kedua.

"Oleh karena itu, mari kita sama-sama membaca bismillah, distribusi logistik untuk wilayah KPU Jakarta Pusat kami nyatakan dijalankan," ujar Arif.

Dia menjelaskan, logistik itu akan siaga di delapan PPK se-Jakarta Pusat. Tiga hari jelang pemungutan suara, akan diambil oleh PPS dan KPPS.

Distribusi logistik itu juga disaksikan oleh Panwaslu Jakarta Pusat, Wali Kota Jakarta Pusat, Polres Metro Jakarta Pusat, Kodim Jakarta Pusat dan Gakkumdu Provinsi DKI Jakarta.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Mangara Pardede, juga secara resmi melepas pendistribusian logistik itu ke seluruh wilayah Jakarta Pusat dari Gudang logistik KPU Jakarta Pusat.

"Kita lepas dari tempat ini menuju seluruh kecamatan se-Jakarta Pusat," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya