Ada Atraksi Pesawat Tempur, Bandara Halim Ditutup Sementara

Jet tempur TNI AU siap-siap atraksi di Pangkalan Udara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Siswowidodo

VIVA.co.id – Upacara perayaan HUT TNI AU ke-71 pada hari Minggu 9 April bakal menutup sementara lalu lintas penerbangan di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta. Penutupan ini karena akan diadakan atraksi pertunjukan pesawat jet tempur.

Cope West 2023, Pesawat F-16 TNI AU dan Amerika Serikat Terlibat Duel Udara di Wilayah Udara Riau

"Ada Notams (Notice to Airmen), sehingga ditutup," kata Kepala Staf TNI AngkataN Udara Marsekal Hadi Tjahjanto, Jumat 7 April 2017.

Hadi mengatakan, penutupan Bandara Halim akan dilakukan sejak pukul 08.00 – 12.00. Ia mengatakan, tak hanya pada saat perayaan ulang tahun saja, penutupan juga dilakukan saat latihan militer. Saat ini TNI AU juga berkoordinasi dengan pengelola Bandara Halim.

Pesawat F-16 TNI AU dan Amerika Bertempur Satu Lawan Satu di Udara

Menurut Hadi, sejatinya Bandara Halim Perdanakusuma diperuntukkan bagi militer dan VIP. Namun belakangan ini, TNI AU memberikan kesempatan untuk penerbangan komersial.

"Kami latihan dan sisanya boleh untuk sipil. Namun kalau ada acara kemiliteran maka kami akan minta operator untuk mengatur," ujarnya.

Amankan KTT ASEAN, TNI AU Siagakan Jet Tempur F-16 di Bandara Eltari Kupang

Hadi mengatakan, saat upacara dan segala aktivitas penerbangan kemiliteran selesai, Bandara Halim akan dibuka normal. "Kami minta maaf kalau ada penumpang yang terganggu, tapi ini memberikan manfaat, memberikan kebanggaan bahwa TNI AU adalah milik rakyat," ujarnya.

Atraksi jet tempur

Kepada Dinas Penerangan (Kadispen AU), Marsma Jemi Trisonjaya mengatakan, untuk perayaan HUT TNI AU nanti, pesawat yang dikerahkan tak hanya pesawat tempur. Tetapi juga pesawat angkut dan helikopter yang dimiliki oleh TNI AU.

"Pesawat tempur ada F-16, Shukoi, T 50, Super Tucano, Hawk 100/200. Pesawat angkutnya dari Boeing 737, F 28,C 130, CN 235, Cesna, dan lain-lain, untuk Helinya Nas 332, SA 330, EC 120 , C 725," ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya