Sosok Sukarno dan Soeharto Jadi Panutan Anies

Cagub DKI Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui kagum dengan sosok dua mantan Presiden RI yakni Sukarno dan Soeharto. Menurutnya, kedua tokoh ini merupakan tipe pemimpin yang  memiliki kepribadian stabil.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Bagi Anies, dengan kepribadian stabil maka pemimpin bisa menghadapi masalah dengan respons yang positif.

"Ketika pribadinya stabil maka dalam menghadapi masalah apa pun dengan respons dan tutur bahasa yang stabil juga, enggak pernah tuh bentak-bentak warganya," kata Anies di Posko Pemenangan, Menteng, Jakarta, Rabu, 5 April 2017

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

Anies menambahkan pelajaran yang didapat dari sosok Soeharto dalam pembangunan Indonesia yaitu selalu memanggil para pakarnya. Cara ini dinilai menarik karena membahas dengan bertukar pikiran bersama ahli di bidangnya.

"Dia minta kerjakan. Bisa saja kita tidak setuju dengan itu, tapi proses pengerjaannya menarik sebagai seorang pemimpin yang melibatkan para pakar," lanjut mantan Rektor Universitas Paramadina itu.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

Kemudian, Anies juga mendapat pelajaran dari sosok sang Proklamator, Sukarno. Dia kerap menggunakan bahasa kalimat sederhana tapi bisa memberikan semangat menggerakkan masyarakat Indonesia menuju pada kemerdekaan.

"Dari Pak Sukarno yang saya pelajari itu, pesan yang mudah dipahami tapi membuat semua orang terpanggil," tutur Anies.

Jika terpilih sebagai orang nomor satu di Jakarta, maka Anies akan menggunakan metode kepemimpinan Sukarno dan Soeharto demi perubahan Jakarta yang lebih baik. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya