Sandiaga Ajak Perusahaan Siapkan CSR untuk Cegah Kebakaran

Calon wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, berjanji akan melebarkan jaringan laporan kebakaran dengan memanfaatkan Corporate Social Responsibility (CSR) dari pihak korporat. Hal itu untuk mengurangi jumlah kebakaran yang masih tinggi di Jakarta.

Sandiaga Sarankan Khofifah-Risma 'Tidak Berpolitik' untuk Lawan Corona

"Saya melihat ada peluang kemitraan public private, di mana saya akan mengajak komunitas. Saya diberi tahu ada komunitas di Pontianak yang mengadakan pemadaman kebakaran swasta. Mereka melakukan itu karena hobi dan dananya dari CSR," ujar Sandiaga usai menerima pemaparan dari salah satu relawan Komunitas Unit Reaksi Cepat (URC) Jakfire.

Pemanfaatan CSR, menurut Sandiaga, dibutuhkan karena beberapa penyebab umum kebakaran, justru berawal dari lokasi maupun barang-barang produk dari sebuah perusahaan. "Misal produsen rokok, atau produsen listrik, bisa ikut berperan untuk membangun pemadam kebakaran berbasis CSR, seperti di Kalimantan yang pemadam swasta tadi," ujarnya.

Sebar Lokasi CFD, Sandiaga Sebut Kebijakan Tepat

Penggagas sekaligus relawan URC Jakfire, Heri Cahya, mengungkapkan mayoritas penyebab kebakaran adalah korsleting listrik serta puntung rokok. Terlebih di pemukiman padat, korsleting listrik sangat sering terjadi akibat kurang tertibnya pemakaian steker. "Di pemukiman padat, itu satu colokan bisa sepuluh tumpuk steker, ini kurang sosialisasinya,"  kata Heri.

Sandiaga juga mewacanakan membangun aplikasi yang terintegrasi dengan call centre komunitas URC Jakfire, maupun dinas pemadam kebakaran. 

Industri Otomotif RI Bisa Jadi Ladang Lapangan Kerja karena Hal Ini

"Di sini kan ada call center, saya pikir harus ada aplikasi juga yang terintegrasi di hot button (aplikasi). Kalau ada di smartphone akan lebih mudah mengaksesnya," ujarnya. (ren)
 

Sandiaga Khawatir Gelombang Ketiga Corona yang Lebih Dahysat

Berkaca pada flu Spanyol 1918.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020