Koalisi Buruh Jakarta Deklarasi Menangkan Anies-Sandi

Anies saat menerima dukungan dari koalisi buruh, Sabtu, 1 April 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad.

VIVA.co.id - Ribuan buruh yang tergabung dalam Koalisi Buruh Jakarta mendeklarasikan dukungan kepada calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno. Mereka mengklaim memiliki 300.000 anggota.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Bila ditambah keluarga, bisa menjadi 500.000 angkanya," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, dalam acara deklarasi di kantor DPP Gerindra, Jalan RM. Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu 1 April 2017.

Said mengatakan suara tersebut sangat signifikan. Dia juga menegaskan bahwa dukungan mereka itu bukan kegiatan seremonial belaka.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

“KBJ siap bergerak turun ke seluruh wilayah DKI Jakarta untuk memenangkan Anies-Sandi. Bahkan, KBJ akan door to door mendatangi rumah warga Jakarta untuk mengampanyekan Anies-Sandi,” kata Said.

Berbagai organisasi federasi dan serikat buruh, kata Said, memutuskan dukungan bukan atas faktor SARA melainkan perjuangan untuk mensejahteraan rakyat khususnya kaum buruh.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

"Kami berdoa dan berharap gubernur kita adalah pemimpin yang tidak menimbulkan masalah, pemimpin yang turut berjuang dalam reformasi, pemimpin yang berkeringat dan berusaha di jalan-jalan, serta hatinya bersama rakyat Jakarta," ujar Said.

Naskah deklarasi dukungan KBJ kemudian ditandatangani oleh Anies dan Sandi serta pimpinan 13 organisasi serikat buruh, di antaranya FSPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia), SPN (Serikat Pekerja Nasional), Aspek (Asosiasi Serikat Pekerja) Indonesia, dan Federasi Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan Reformasi (FSP FARKES-R). Dukungan ini pula dikuatkan dengan penyematan baju secara simbolis dari KBJ kepada Anies dan Sandi.

Pilkada DKI putaran kedua akan dilaksanakan pada 19 April 2017. Pasangan calon yang akan bertarung adalah Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya